Aktivis HAM Aceh,Ronny :Dari Caranya Menyerang Agama, Diduga Denny Siregar Berwatak Komunis


author photo

21 Jul 2019 - 11.04 WIB


Aceh --- Aktivis HAM Aceh, Ronny Hariyanto, menduga pernyataan Denny Siregar dalam videonya yang dinilai menghina dan melecehkan rakyat Aceh, berbau komunis.

Ronny melontarkan pernyataan itu setelah mempelajari motiv dari pernyataan kontroversial yang  diduga terkesan sengaja menyerang suku dan ajaran agama tersebut.

" Seumur hidup saya, baru ini lihat di negara ini ada orang berani dengan sengaja berkomentar SARA seperti itu, setahu saya yang suka menyerang ajaran agama seperti itu ya komunis, dikenal sebagai kritik agama," kata Ronny, Minggu 20 Juli 2019.

Dugaan Ronny itu diperkuat dengan minimnya ditemukan itikad baik Denny Siregar melalui videonya tersebut.

" Penyataannya itu lebih banyak nilai negatifnya ketimbang nilai positifnya bagi publik, bahkan membahyakan keutuhan NKRI, apalagi orang Aceh sangat sensitif, dan pastinya seorang pancasilais sejati tidak akan bersikap seperti itu, " tegas mantan Ketua Satuan Mahasiswa Pemuda Pancasila (SATMA PP) Provinsi Sumatera Barat angkatan 2005 tersebut.

Ronny menolak jika pernyataan Deny tersebut nantinya dilabeli sebagai kritik dan menunggangi semangat kebebsan berekspresi, sebab menurut Ronny, video diduga bernuansa radikal kiri tersebut, jelas sangat provokatif dan membahayakan persatuan bangsa.

" Video itu sangat provokatif dan terkesan ingin mempermalukan orang Aceh, diduga sarat kebencian terhadap Aceh, itu bukan kritik, tetapi lebih ke rasa benci terselubung yang dimekarkan dalam bentuk pernyataan yang sangat melukai hati rakyat Aceh," ketus putera Idi Rayeuk, Aceh Timur tersebut.

Ronny menyarankan Deny Siregar mendalami kembali sejarah dan peran besar rakyat Aceh dalam perjuangan memerdekakan republik Indonesia.

" Dia mungkin gak paham sejarah, dan gak tau kalau rakyat Aceh sangat berjasa dalam memerdekakan indonesia, sebab kalau dia tahu, tidak bakal seperti itu, kalau tidak ada Aceh, mungkin dia  masih terjajah dan pastinya tidak bebas menghina seperti itu," kata Ronny yang juga mantan Wakil Ketua KNPI Prov.Sumbar itu.

Ronny mendesak pihak penegak hukum menangkap Deny Siregar secepatnya, sebab perbuatan Deny dianggap sangat berbahaya bagi persatuan.

" Polisi harus segera memproses laporan senator Aceh Fachrul Razi terkait itu, dan kami sebagai rakyat Aceh berharap Deny segera ditangkap, agar perbuatannya tidak dicontoh dan dianggap biasa oleh pihak lain," pungkas Ronny menutup keterangannya. (R)
Bagikan:
KOMENTAR