Kerusuhan di Rutan Sigli Berahir Dengan Pencopotan Kepala KPR


author photo

4 Jun 2019 - 17.20 WIB


Aceh --- Kerusuhan yang terjadi di Rutan Klas II B Sigli beberapa waktu yang lalu menyebabkan ratusan napi dan tahanan mengamuk kemudian melakukan pembakaran sejumlah fasilitas gedung serta ruangan perkantoran rutan, Selasa (04/6).

Kerusuhan yang menyebabkan mengamuknya para napi tahanan dipicu oleh ulah Kepala Pengamanan Rutan Sigli yang melakukan penyitaan Dispenser dari kamar napi, dimana penggunaan dispenser oleh napi merupakan kebijakan kepala rutan yang telah lama berjalan.

Akibatnya Kanwil Kemenkumham Aceh langsung mencopot Kepala Pengamanan Rutan Sigli R dan ditarik ke Kantor Wilayah, hal ini sesuai dengan tuntutan para napi yang meminta agar Kepala KPR diganti.

" Tuntutan para napi agar Kepala KPR R diganti maka saya sudah intruksikan kepada Kadivpas agar ditarik ke kantor wilayah agar kondisi kondusif kembali, apalagi beberapa hari lagi lebaran tiba ",ungkap Kakanwil Kemenkumham Agus Toyib Bc.IP kepada redaksi melalui sambungan telepon selulernya.

Agus mengaku menyesalkan insiden yang terjadi di rutan sigli dan menyampaikan dalam kerusuhan tersebut tidak ada napi maupun tahanan yang kabur.

Menurutnya selama ini dirinya bersama pejabat lainnya di Kantor Wilayah senantiasa memberi penguatan serta arahan agar tidak mengedepankan kekerasan maupun adanya pengutipan terhadap hak warga binaan.

" Sangat saya sesalkan namun ini semua memang sudah digariskan oleh Allah SWT, walau demikian saya bersama kadivpas serta pejabat kanwil lainnya tidak pernah bosan-bosannya selalu memberi arahan agar tidak ada lagi kekerasan serta pungli atas hak-hak warga binaan ", ujar Agus yang mengaku tidak berada di tempat.(Red)
Bagikan:
KOMENTAR