Bupati Aceh Timur Dinobatkan Sebagai 'Ayah' Santri


author photo

3 Jun 2019 - 01.46 WIB


Radaraceh.com l Aceh Timur  Ikatan Santri Aceh Timur (ISAT), menobatkan Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib SH, sebagai 'Ayah Santri' pada acara penutupan Safari Ramadhan di kediaman bupati di Gampong Seuneubok Teungoh, Kecamatan Darul Ikhsan, Aceh Timur, beberapa waktu lalu.

"Karena beliau sangat perhatian terhadap santri, karena itu kami nobatkan Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib, sebagai Father (Ayah) di kalangan santri, dan elite di kalangan regulatif (pejabat)," ungkap Ketua ISAT Aceh Timur, Tgk Fahrurrazi, kepada Serambi Minggu (2/6/2019).

"Kita doakan semoga Bupati dan keluarga terus diberikan kesehatan. Semoga Bupati terus diberikan kekuatan dalam memimpin Aceh Timur ke arah lebih baik," harap Tgk Fahrurrazi

Penutupan Safari Ramadhan, di kediaman Bupati digelar Selasa (28/5/2019) malam, setelah sebelumnya Selasa sore Pemkab Aceh Timur, juga memperingati Nuzulul Qur'an, dan  menyantuni ribuan anak yatim dari seluruh kecamatan di Aceh Timur.

Sejak 2 Ramadhan sampai 17 ramadhan, jelas Tgk Fahrurrazi, sebanyak 264 santri yang tergabung dalam ISAT disebar ke seluruh pelosok gampong di Aceh Timur.

Bupati Aceh Timur, dalam sambutannya pada penutupan Safari Ramadhan, mengatakan sangat mendukung kegiatan ISAT dalam rangka menegakkan syariat Islam.

Karena itu, Bupati berharap kepada santri ISAT pada safari Ramadhan tahun mendatang agar senantiasa ikut arahan ketua, meski dikirim ke daerah pedalaman di Aceh Timur.

"Ke depan kemana saja dikirim oleh ketua, diharapkan santri siap, demi menegakkan syi'ar Islam," pinta Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga meminta para santri agar memanggilnya dengan sebutan 'Abang' bukan sebagai 'Bupati' dengan begitu Bupati juga merupakan bagian dari santri.

"Dalam komunitas santri anggap saja saya sebagai 'Abang' dengan begitu saya juga bagian dari rombongan Ikatan Santri Aceh Timur," ungkap Bupati di depan santri dan para Tengku.

Bupati juga menyatakan sangat mendukung para santri menuntut ilmu agama di berbagai pondok pesantren baik di Aceh maupun di luar daerah.

"Jika tidak mau keluar daerah juga bisa di dayah Al-Huda Pimpinan Tgk Syahrul di Seuneubok Teungoh," ungkap Bupati mantan kombatan GAM, yang juga alumni Dayah Nurussalam Abu Matang Keh, Aceh Utara.

Untuk diketahui, Dayah Al-Huda di Gampong Seunebok Teungoh, yang terletak di depan rumah bupati ini, merupakan Cabang Darul Huda yang ke 173. 

Dayah Darul Huda Langkahan yang  dipimpin oleh Tgk HM Daud Ahmad atau akrab disapa Abu Lueng Angen 
sendiri merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam terbesar di Aceh dan telah berhasil mencetak ratusan kader dan alumni sehingga cabang nya telah tersebar ke seluruh Aceh, dan ke sejumlah daerah lainnya.

Bupati Aceh Timur, sendiri sangat berambisi agar Dayah Al-Huda ini dapat berkembang maju sama seperti Dayah lainnya di Aceh, dalam rangka mencetak kader ulama yang senantiasa menegakkan syariat secara kaffah di Bumi Aceh. (Romy)
Bagikan:
KOMENTAR