Gandapura Kembali Raih Juara Umum MTQ ke 34 Tingkat Kabupaten Bireuen Tahun 2019


author photo

2 Mei 2019 - 10.38 WIB


RADAR ACEH | Bireuen- Kafilah Kecamatan Gandapura kembali meraih predikat Juara Umum pada MTQ ke 34 tingkat Kabupaten Bireuen tahun 2019, disusul Kecamatan Peudada juara dua dan Kecamatan Kota Juang bertengger di juara ketiga,  yang dilangsungkan sejak 26 April hingga 1 Mei 2019.

Juara bertahan Kecamatan Gandapura yang sebelumnya juga meraih juara umum pada MTQ ke 33 Tingkat Kabupaten tahun 2016 lalu, meraup sedikitnya 10 juara satu pada sejumlah mata lomba yang diikuti 43 kafilah, yakni Qori dan Qoriah, Hafidz dan Hafidzah, peserta cabang lomba lainnya serta 7 official pada MTQ ke 34 tahun ini.

Selain di halaman Masjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen yang dijadikan mimbar utama, SMAN 1 Bireuen dan Meunasah Kulah Batee Bandar Bireuen juga menjadi tempat dewan hakim atau para juri menilai para kafilah yang tampil dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Bireuen.

Wakil Bupati Bireuen, DR. H. Muzakkar Agani, SH, M.Si berkesempatan menutup secara resmi perhelatan MTQ ke 34 di halaman Masjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen.

Dalam sambutannya tersebut, Muzakkar Agani, Kamis (1/5/2019) malam menyebutkan, "Semoga pelaksanaan MTQ ini jangan hanya kita lihat secara teknis pada pelaksanaannya semata, tetapi proses penanaman nilai-nilai Islam yang dijadikan pedoman hidup untuk tercapainya kebahagiaan dunia dan akhirat tentunya," sebut Wabup.

Dia melanjutkan, "Tujuan penyelenggaraan MTQ ini merupakan media untuk menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Quran. Salah satunya sebagai wujud kecintaan tersebut dengan membaca, menghafal, memahaminya serta mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga maupun dalam bermasyarakat, yang nantinya diharapkan bisa melahirkan para generasi Islami Qur'ani khususnya di Kabupaten Bireuen.

Muzakkar juga mengharapkan, "bagi peserta dan Kecamatan yang berhasil meraih prestasi pada MTQ ke 34 ini, agar dapat dijadikan pemicu untuk meningkatkan prestasi kedepannya sekaligus bisa mewakili Kabupaten Bireuen pada MTQ di tingkat Provinsi maupun nasional nantinya," 

"Janganlah berputus asa bagi yang belum mampu meraih juara, dan jangan sampai hilang semangat untuk terus meraih prestasi. Belajar secara terus menerus, diharapkan dapat menambah pengalaman, wawasan dan ilmu tentang Alquran. Semoga pada MTQ ke depan dapat meraih juara. Sekaligus dapat menjadi alat ukur bagi kafilah di setiap Kecamatan dalam melakukan pembinaan selama ini," pinta Wabup.

Sementara itu, Camat Gandapura, Ibrahim, S.Sos, usai menerima piala bergilir dari Wakil Bupati Bireuen, Kamis (1/5) malam, mengatakan, "Keberhasilan ini berkat dukungan semua elemen dan hasil seleksi berjenjang yang dilakukan sejak lima bulan lalu, oleh pengurus LPTQ dan IPQAH Kecamatan Gandapura," katanya 

Lanjut Camat, "Kami bersyukur atas prestasi ini, dimana sebelumnya Gandapura juga meraih juara umum pada MTQ ke 33 pada 2016 lalu," pungkas Ibrahim. [SR]
Bagikan:
KOMENTAR