Pengangkutan TransK Mulai Beroprasi di Komplek Bandara Sultan Iskandarmuda


author photo

9 Apr 2019 - 16.13 WIB


Banda Aceh --- Kadishub Aceh Junaidi, ST. MT menyampaikan apresiasinya kepada PT. Angkasa Pura II Bandara SIM atas dukungan dan kerjasama sehingga terlaksananya uji coba perdana ini. Junaidi juga berharap halte permanen dapat segera dimulai pembangunannya oleh PT. Bank Aceh Syari'ah agar pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan secara optimal. Saat ini Trans Koetaradja masih menggunakan halte portable yang berada di dekat area parkir Bandara SIM.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut GM. Angkasa Pura II Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Yos Suwagiyono, Kepala UPTD Trans Koetaradja T. Robby Irza, S. SiT. MT, Kabid LLAJ Dishub Aceh Nizarli, S. SiT. MT, dan Pihak Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah I Provinsi Aceh.

Kepala UPTD Trans Koetaradja T. Robby Irza, S. SiT. MT juga menginformasikan bahwa untuk menuju ke Bandara SIM terdapat dua rute/koridor yaitu; koridor 2A (Pusat Kota – Batoh – Lampeunurut – Lambaro – Bandara) dan koridor 5 (Pusat Kota – Kuta Alam – Ulee Kareng – Lam Ateuk – Bandara). Bus Trans Koetaradja mulai melayani penumpang dari pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB sesuai dengan Timetable yang berlaku.

Selama ini banyak keluhkan oleh masyarakat  dan sejumlah penumpang karena bus TransK hanya bisa mengantarkan mereka hingga bundaran bandara saja. Padahal mereka meminta agar bus dapat masuk ke dalam bandara sebagai akses penumpang pesawat dari atau menuju kota.

Untuk merespon keinginan penumpang--terutama mereka yang akan berangkat menggunakan transportasi udara--pihak Dinas Perhubungan Aceh sudah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura II, agar TransK bisa masuk ke dalam Kompleks Bandara SIM.

Kepala UPTD Trans Koetaraja Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh, Teuku Robby Irza mengatakan, harapan agar TransK bisa masuk Bandara SIM akan segera terwujud. Untuk tahap awal, Senin (8/4) ini bus TransK akan melakukan uji coba masuk ke dalam Kompleks Bandara SIM. TransK tujuan bandara akan beroperasi mulai pukul O6.OO Wib hingga 2O.OO Wib.

"Sebenernya ada penumpang yang minta dilayani hingga pukul 22.OO Wib, karena di jam itu ada pesawat terakhir mendarat di Bandara SIM. Tapi kita tetap ikuti jam operasional TransKoetaraja," ujar Teuku Robby. 

Teuku menambahkan, saat ini pihak Angkasa Pura sedang membangun dua halte portable di Kompleks Bandara, tepatnya di belakang swalayan, yang berfungsi untuk naik dan turun penumpang. Dia berharap, masuknya TransK ke dalam Kompleks Bandara SIM bisa memberikan banyak pilihan kepada masyarakat, terutama para penumpang pesawat untuk menggunakan jasa transportasi darat dari dan tujuan bandara.

Selanjutnya Teuku Robby Irza juga menyebutkan, untuk melayani rute Kota-Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar, pihaknya akan menyiapkan 15 bus. Bus-bus itu akan dibagi dalam dua koridor yaitu koridor Kota-Ulee Kareng-Lam Ateuk-Bandara SIM yang dilayani tujuh unit bus kecil.

Diharapkan dengan hadirnya Trans Koetaradja di Bandara SIM semakin meningkatkan konektifitas antar moda transportasi di Provinsi Aceh. Sehingga masyarakat maupun wisatawan yang tiba di Bandara SIM memiliki moda transportasi tambahan yang dapat dipilih sesuai keinginannya. Saat ini dengan menggunakan Trans Koetaradja dari Bandara SIM, penumpang sudah dapat menuju langsung ke Terminal Tipe A Batoh dan Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheu. (Ayu)
Bagikan:
KOMENTAR