Jelang Hari H, KIP Atam Gelar Simulasi Dan Pemungutan Suara


author photo

12 Apr 2019 - 07.30 WIB


Radaraceh.com, ACEH TAMIANG _ Sedikitnya 350 orang hadiri acara simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2019 yang diselenggarakan Komisi Independen Pemilu (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang, bertempat di Kampung Tanah Terban, Kamis (11/04)

Acara simulasi yang melibatkan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Pengawas Pemilihan Kampung (PPK), dan Komisi Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Kampung Kebun Terban Kecamatan Karang Baru tersebut berlangsung selama Satu hari penuh. 

Ketua Komisioner KIP Kabupaten Aceh Tamiang, Ishak Ibrahim, S.Pd, menjelaskan bahwa, Kegiatan simulasi tersebut merupakan bagian dari tahapan yang harus dilakukan, bertujuan agar masyarakat lebih memahami serta mengetahui tata cara pemungutan suara. 

Selain itu, Kata Ishak lagi, kegiatan simulasi yang digelar ini juga merupakan upaya dalam memberikan contoh pelayanan kepada pemilih di TPS ketika Pemungutan Suara pada 17 April nanti kepada panitia penyelenggara, serta untuk mengetahui ketepatan, dan juga waktu saat pemilihan. Sehingga setelah selesai kegiatan ini, dapat menjadi bahan evaluasi untuk dijadikan bahan koreksi dalam penyelenggaraan pencoblosan dan penghitungan nanti. 

Selanjutnya, Bupati Aceh Tamiang, H Mursil SH. MKn, dalam kesempatan itu mengatakan, Pemilu Tahun 2019 ini merupakan pemilu serentak pertama di indonesia, dimana pada pemilu ini pemilih akan melakukan pencoblosan surat suara sebanyak Lima surat suara, untuk memilih Presiden/Wakil  Presiden, Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD  RI), Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Provinsi, di Aceh disebut DPRA, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Kabupaten/Kota). 

Mursil berharap, melalui kegiatan simulasi ini diharapakan pemilihan umum di Kabupaten Aceh Tamiang dapat berjalan dengan Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil, serta dapat tercipta suasana yang kondusif, aman dan tentram.

Di tegaskan nya, Pihaknya akan mendukung penuh dalam mensukseskan penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 ini, "dan kepada para petugas, pelaksana serta perangkat mukim dan Kampung, agar tetap menjaga netralitas, mulai tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga kampung bertugas sesuai aturan yang berlaku," tukasnya 

Dari pantauan media ini, turut hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain , Bupati Aceh Tamiang, H.Mursil SH.M.Kn. Ketua DPRK Aceh Tamiang, Fadlon SH. Ketua Komisioner KIP Aceh Tamiang dan Anggota, Ishak Ibrahim S.Pd, Adi Sartika, Rusli, Khuawilid, Alhamda. Sekretaris KIP Aceh Tamiang, Aditiya Purnama. Panwaslih Kabupaten Aceh Tamiang, Imran SE. Kasi Intel Kejari Kabupaten Aceh Tamiang, Fardiyan SH.MH. Anggota Kepolisian Resort Aceh Tamiang, dan Anggota Kodim 0117/ATAM. [] zul
Bagikan:
KOMENTAR