Ini Alasan Kautsar Muhammad Yus Maju Sebagai Caleg DPR-RI Dapil Aceh-2


author photo

13 Apr 2019 - 09.42 WIB


Aceh --- Caleg DPR-RI Aceh-2 dari Partai Demokrat Kautsar Muhammad Yus, bertekat memperkuat fungsi  Forum Bersama (Forbes) DPR-DPD RI asal Aceh dan mensingkron kepentingan pemerintah daerah dengan pusat.Komunikasi perlu dibangun bukan hanya antara anggota legislatif asal Aceh, namun juga dengan anggota dari daerah lain. 

Selama berada di lembaga DPRA, Kautsar Muhammad Yus menilai, masih lemahnya fungsi Forbes DPR-DPD RI asal Aceh. "Forbes hasrus dioptimalkan, bahkan menjadi semacam 'fraksi gabungan," jelas Caleg nomor urut-5 daerah pemilihan Aceh-2. 

Selain itu ubung para anggota DPR-RI asal Aceh, juga harus mampu menjadi penghubung antara Pemerintah Aceh dengan pemerintah pusat. Sehingga kepentingan pemerintah daerah singkron dengan kepentingan pemerintah pusat. 

Dengan memperkuat fungsi Forbes, Kautsar menilai semakin mudah memperjuangkan kepentingan masyarakat Aceh di Senayan. Seperti revisi UUPA untuk memperbanjang  Dana Otonomu Khusus Aceh (DOKA) dan memperkuat fungsi lembaga adat dalam pemerintahan. 

Kautsar Muhammad Yus, mengharapkan dukungan masyarakat Aceh dalam Pemilu, tanggal 17 April  2019 mendatang, sehingga dia bisa terpilih sebagai wakil rakyat di DPR-RI. 

Menurutnya, menjadi wakil rakyat di DPR-RI memiliki tanggungjawan politik. Diantara tanggungjawab tersebut, membangun hubungan antara Pemerintah Aceh dengan pemerintah pusat. Menurut pegalamannya pada kegiatan musyawarah rencana pembangunan (Musrem), akibat lemahnya hubungan tersebut, serin terjadi tidak singkron dalam pembahasan.

Membangun hubungan pemerintah daerah dengan pusat dinilai penting untuk pembangunan Aceh masa mendatang. Selain itu juga perlu meningkatkan hubungan dengan anggota DPR-RI dari luar Forbes Aceh. 

"Selain  sesama anggota DPR- RI asal Aceh Aceh, Forbes juga perlu meningkatkan hubungan dengan DPR-RI dari daerah lain," tegasnya. 

Dengan membangun komunikasi tersebut, kepentingan pemerintah daerah dan pemerintah pusat akan akan sama. "Seharusnya kepentingan pemeritah daerah sama dengan kepentingan pemerintah pusat," tegas Kautsar. 

Karena menurutnya, DPR-RI asal Aceh selain mewakil rakyat, juga harus menjadi penghubung antara Pamerintah Aceh dengan Pemerintah Pusat. Bila hal itu tidak dilakukan, dalam setiap penyusunan pembangunan melalui Musremang, terjadi tidak singkron.

Pengalaman Aktivis Mahasiswa 
Kautsar Muhammad Yus optimis mampu menjalankan amanah tersebut, karena sudah berpengalaman selama menjadi aktivis mahasiswa dalam berbagai pergerakan di Aceh.  Selama 2014-2019 banyak hal yang sudah dilakukan Kautsar dalam menyuarakan hak rakyat sebagai manadi lakukannya sejak pelajar dan mahasiswa. 

Menurut Kautsar, Aceh harus memiliki perwakilan di Senayan untuk bisa menyuarakan suararakyat Aceh di tingkat nasional. Karena itulah ia kali ini maju mencalon kan diri menjadi calon legislatif di DPR RI melalui Partai Demokrat pada nomor urut 5 daerah pemilihan II. 

Aceh tak lepas dari diskusi dan perdebatan tentang arah langkah pemerataan demokrasinasional. "Banyakhal yang harus disuarakan Aceh di tingkat nasional, sehingga kedepan regulasi Aceh dan juga persoalan dana Otsus Aceh bisa terus diperjuangkan," tambah Kautsar. (R)
Bagikan:
KOMENTAR