Ratusan Calon Ibu di Meurah Mulia Hadiri Kegiatan Sosialisa Advokasi dan KIE


author photo

22 Mar 2019 - 21.19 WIB


Aceh Utara -- Ratusan warga, diantaranya para wanita calon ibu rumah tangga (IRT) mengikuti kegiatan Sosialisasi, Advokasi dan KIE Program KKBPK di Aula Kantor Camat Meurah Mulia, Aceh Utara, Jumat (22/3). Pemateri dari Komisi IX DPR-RI bersama BkkbN Aceh, diantaranya  membahas tentang pentingnya menyusui bagi seorang ibu.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Aceh, Drs.Sahidal Kastri MPd dalam kesempatan itu menjelaskan, para calon Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara harus mengetahui manfaat menyusui. "Selain untuk melengkapi nutrisi bayi, menyusui juga dapat bermanfaat menunda kehamilan ibu secara alami," jelasnya.

Khusus kepada wanita calon IRT, sebelum berumah tangga agar memahami cara menangani bayi. Salah satunya, memahami kebutuhan Air Susu Ibu (ASI) untuk bayi. Menurut Sahidal,  memberikan ASI  kepada bayi sangat dianjurkan. Karena air susu ibu mengandung nutrisi lengkap yang dibutuhkan bayi. Selain itu, menyusui juga dapat bermanfaat sebagai alat KB alami. Sehingga keluarga bisa mengatur kehamilan selama masih menyusui bayi.

Sementara itu Tgk.Khaidir Abdruhaman, S.IP, dari  Komisi IX DPR-RI  yang membidangi kependudukan juga menjelaskan tentang masa menyusui. Menurutnya, sesuai dengan anjuran Al-Quran, masa menyusui adalah selama dua tahun. Kepada para wanita calon IRT diharapkan mengikuti pentujuk Al-Quran ketika nanti sudah memiliki momongan.

Sosialisai, Advokasi dan KIE Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) juga dihadiri Kabid Pengendalian Penduduk KB dan Keluarga Sejahtera pada Dinas PMD Aceh Utara, Drs Murtadha, MSM, Kapolsek Meurah Mulia Iptu Bustani, SH, MH dan Sekretaris Camat Meurah Mulia (**).
Bagikan:
KOMENTAR