Kodim 0111/Bireuen Gandeng BNN Gelar Sosialisasi P4GN


author photo

26 Mar 2019 - 01.04 WIB


Bireuen – Kodim 0111/Bireuen menggandeng Badan Nasional Narkotika (BNN) Kabupaten Bireuen menyelenggarakan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di jajaran Kodim 0111/Bireuen, Senin (25/03).

 

Dandim 0111/Bireuen melalui Kepala Staf Kodim 0111/Bireuen Mayor Arm Ranna Hidfitriyadi, S.Sos mengatakan,  kegiatan ini merupakan salah satu upaya pencegahan yang bertujuan agar Personel Kodim 0111/Bireuen, PNS AD (ASN) dan beserta keluarganya tidak menyalahgunakan Narkoba maupun terlibat/melibatkan diri  dalam peredaran gelap Narkoba.

 

Pada kesempatan tersebut, Kasdim menekankan kembali kepada seluruh anggota untuk tidak bermain-main dengan Narkoba.

 

"Jika ketahuan maka konsekuensinya akan berhadapan dengan sanksi hukum yang berlaku termasuk konsekuensi terberat dipecat dari kedinasan sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia", tegas Kasdim dihadapan personelnya.

 

Semantara, Kasi P2M BNN Kab.Bireuen Wardiah, Amd. Keb dalam sosialisasinya mengupas tentang masalah pokok Narkoba meliputi tiga hal, yaitu Produksi Gelap, Peredaran Gelap dan Penyalahgunaan.

 

Dijelaskannya, bahwa Narkoba merupakan gabungan dari Narkotika, Psikotropika dan bahan adiktif. Narkotika adalah zat atau obat dari alami (tanaman) atau sintetis (bukan tanaman) yang mengganggu kesadaran daya pikir, daya ingat, konsentrasi, persepi, perilaku dan perasaan serta menimbulkan ketergantungan bagi penggunanya.

 

Lanjutnya, Narkotika digolongkan dalam 3 golongan, yakni Golongan I, II dan III. Narkotika Golongan 1 merupakan golongan paling berbahaya, memiliki daya adiktif sangat tinggi, tidak dapat digunakan dalam terapi, contoh Narkotika Gol 1 yaitu Ekstasi, Shabu, Jamur Tahi Sapi, Kokain, Ganja, Katinon dan lain-lain. Saat ini beredar narkoba jenis baru seperti Tembakau Gorilla, Flakka, Pil Setan (Captagon) dan lain-lain.

 

Dipaparkan pula, tentang bagaimana mengenali penyalahguna Narkoba, bahaya penyalahgunaan Narkoba pada manusia yang menyebabkan kerusakan otak, wajah dan organ tubuh lainnya. Selain menyebabkan kesehatan/ketahanan tubuh menurun dan perubahan fisik, ketergantungan Narkoba dapat mengakibatkan perubahan sikap, mental dan sosial bahkan berakhir dengan kematian.

 

Setelah pemberian materi sosialisasi P4GN dilanjutkan pengecekan urine bagi 75 personel Kodim 0111/Bireuen oleh Tim Tester BNN . Sesuai keterangan Kasi P2M  BNN Kab.Bireuen, untuk hasil test urine seluruhnya dinyatakan negatif. (R)

Bagikan:
KOMENTAR