Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, TNI - Polri Bersihkan Sampah di Sekitar Pelabuhan


author photo

22 Feb 2019 - 00.43 WIB


Pati - Dalam rangka peringatan hari peduli sampah nasional, Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos bersama  puluhan orang dari tim gabungan tengah membersihkan kawasan pelabuhan di Desa Bendar Kecamatan Juwana (21/2) kemarin. Adapun tim gabunagn terdiri dari Tim terpadu maritim Juwana, TNI beserta Persit, Dinas Kelautan, muspika Juwana dan gabungan warga. Pada kegiatan tersebut juga dihadiri langsung oleh wakil Bupati Pati.

Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Bajomulyo Saptiwi Mumpuni mengatakan jika masyarakat  harus menjaga lingkungan di kawasan sungai silugonggo, terutama sumberdaya ikan agar tetap terjaga, terlebih mampu menciptakan lingkungan yang bersih sehat dan bernilai.

" Kita bersihkan tananan liar, sisa tali yang sudah tidak terpakai, rumput-rumput liar agar sungainya tidak dangkal. Kalau sungai dangkal nanti aliran kapal sulit untuk bersandar. Karena kita tahu biaya pengerukan cukup besar. Maka dari itu nanti kita biasakan hidup bersih dan sehat, " ujarnya.

Lebih lanjut Saptiwi mengatakan jika kedepan akan dialokasikan kegiatan di sekitaran pantai lain untuk dibersihkan. Pihaknya akan melakukan survei terlebih dahulu baru kemudian diadakan pembersihan serupa secara periodik.

" Kita akan adakan survei terlebih dahulu, kita lihat kawasan mana yang kelihatan kotor nanti kita bersihkan bersama. Hal ini bertujuan agar lingkungan diwilayah sungai ataupun pantai menjadi lebih bersih, " tandasnya.

Saptiwi juga menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan sungai menjadi semakin dangkal sehingga disinyalir akan membahayakan kapal dalam melaut. " Terlebih anak buah kapal dan nelayan dalam mencari ikan. maka kita harus menjaga agar sumber daya ikan bisa lestari, " pungkasnya.

Dandim Pati Letkol Arm Arief Darmawan S.Sos, mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). "Aksi bersih-bersih ini dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional," kata Dandim Pati.

Sebelum turun ke kawasan pelabuhan Juwana, Kodim Pati terlebih dahulu menggelar apel pasukan kebersihan. 

‎‎Menurut Dandim, kegiatan tersebut juga merupakan sebagai edukasi bagi masyarakat disekitar lokasi kegiatan khususnya. "Semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Bukan hanya karena memperingati HPSN saja, tetapi disetiap waktu," pungkasnya.(pendimpati)
Bagikan:
KOMENTAR