Pelajar Aceh-Hadhramaut Adakan Haul Abon Samalanga ke-30 di Yaman


author photo

16 Feb 2019 - 07.55 WIB


YAMAN --- Kamis, 14 Februari 2019, bertepatan dengan 9 Jumadil Akhir 1440 H, keluarga pelajar Aceh di Hadhramaut, Yaman yang bernama WASILAH (Wadah Silaturahmi Aceh-Hadhramaut-Yaman) sukses mengadakan acara haul Syekh H. Abdul Aziz bin M. Saleh atau yang akrab dikenal Abon Abdul Aziz Samalanga yang ke-30.

Acara haul ini adalah haul perdana yang diadakan pelajar Aceh di Hadhramaut, Yaman. Acara haul ini diadakan sebagai bentuk rasa cinta para murid terhadap sang gurunya. 

Acara diadakan di Apartemen Bin Aqil, Tarim, Hadhramaut, Yaman. Acara tersebut diikuti oleh pelajar-pelajar Aceh yang sedang menempuh pendidikan di berbagai lembaga pendidikan yang tersebar di Hadhramaut, seperti lembaga pendidikan Darul Mustafa, Universitas Al Ahgaff, Lembaga Ma'had Al Idrus, lembaga pendidikan Rubat Al Muhajir dan lembaga-lembaga pendidikan lain yang berada di negeri 'Para Wali' tersebut. 

Selain itu, turut hadir dalam acara haul ini, Al Habib Ahmad Al Mujtaba, salah seorang guru senior di lembaga Darul Mustafa. 

Acara dimulai setelah salat Zuhur berjamaah. Diawali dengan pembacaan Tahlil dan surah Yasin, kemudian dilanjutkan dengan sambutan panitia acara, pembacaan manakib atau riwayat hidup Abon Abdul Aziz Samalanga.

Dalam manakib tersebut dijelaskan riwayat hidup Abon, dari awal bagaimana kesungguhannya dalam menuntut ilmu, dimulai dari pendidikan dasar Abon sampai dengan dikenalnya Abon sebagai seorang Ulama karismatik Aceh atau guru para guru.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemutaran video singkat tentang haul Abon yang diperingati di Aceh. 

Kemudian, dilanjutkan dengan ceramah yang disampaikan oleh Habib Ahmad Al Mujtaba. Dalam mauidhanya, dai muda itu menyampaikan beberapa ibrah penting dalam mengenang jasa seorang guru.

"Ayah daripada ruhmu jasanya lebih besar. Ia-lah yang mengeluarkanmu dari siksa yang kekal di api Neraka menuju ke Surga" ungkapnya kepada pelajar Aceh di acara itu.

Acara berjalan lancar hingga diakhiri dengan doa dan foto bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan makan siang bersama. Semoga acara ini bisa membawa berkah kepada pelajar Aceh di Hadhramaut, Yaman khususnya dan Aceh umumnya. Dan semoga kita bisa mengikuti jejak Abon Samalanga dalam doktrin Beut-Seumeubeut (Belajar-Mengajar).

(Reporter: Nanda Saryulis, mahasiswa tingkat 2 Universitas Al Ahgaff, asal Aceh Utara, alumnus pondok pesantren Al Kautsar, melaporkan dari Tarim, Hadhramaut, Yaman)
Bagikan:
KOMENTAR