Ketua I DPC PPWI Atam Kecam Sikap Istri Datok Penghulu Kampung Bandung Jaya


author photo

14 Feb 2019 - 14.06 WIB


Radaraceh.com, ACEH TAMIANG - Ketua I DPC PPWI Aceh Tamiang, Adlin Nur, SE sangat kecewa dan mengecam keras atas sikap istri Datok Penghulu Kampung Bandung Jaya berinisial RN yang mencoba menghalangi tugas seorang jurnalis/wartawan dari media LintasAtjeh.com. 

"RN diduga kuat telah berupaya mengintervensi dan menghalangi tugas wartawan yang bekerja," ungkap Adlin Nur. 

Sementara, sambung Adlin lagi, kebebasan wartawan dalam mencari dan mengumpulkan informasi serta mengolah untuk dipublikasikan kepada khalayak telah diatur dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers. 

Pernyataan RN kepada temannya Fajar Hidayah, S. Pd melalui pesan WhatsApp bahwasanya wartawan LintasAtjeh.com jangan lagi melakukan pembelaan terhadap wartawan yang ditengarai telah dikriminalisasi oleh suaminya, yang saat ini menjabat sebagai Datok Penghulu. 

"Pesan tersebut jelas-jelas salah satu upaya RN mencoba menghalang - halangi kerja wartawan," tuturnya 
Berikut pesan singkat WhatsApp antara RN dan Fajar Hidayah pada Selasa (12/02/2019) kemarin. 

Rina, pukul 19.31 WIB
Fjar tlg blg la sm bg iyong, jgn ikut2 an, biar ini urusan km dgn edi n mantan datok tu 

Fajar, pukul 19.31 WIB
Maksudnya apa ni?

Rina, pukul 19.35 WIB
Cb liat fb bg iyong

Fajar, pukul 19.35 WIB
Jdi hbungan bilang ke fajar apa rina?

Rina, pukul 19.36 WIB
Kan kwan fjar

Fajar, 19.36 WIB
Bilang aja lagsung ke orgnya rina ,ada kontak nya kan?

Rina, pukul 19:37 WIB
Gk ada
Fajar, pukul 19.37 WIB
Ni no hp nya rina 082363739339 

Berdasarkan informasi tersebut, fajar pun menyampaikan kepada wartawan LintasAtjeh.com yang mempunyai akun Facebook Bang Iyong yang juga temannya. 

Adlin menjelaskan, UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers dengan jelas mengamanatkan bahwa barang siapa menghambat wartawan mencari, mengumpulkan, dan mengolah informasi  ada pidananya, denganancaman 2 (dua) tahun penjara atau denda senilai Rp 500 juta.

Atas sikap RN, DPC PPWI Aceh Tamiang akan melaporkan hal tersebut ke Unit Tipiter Polres Aceh Tamiang. Hampir seluruh wartawan yang bertugas di Bumi Muda Sedia akan bersatu dan kompak mendukung gugatan balik terhadap oknum Datok Penghulu beserta RN, sesuai dengan dugaan kasus mereka masing-masing," demikian ungkap Adlin Nur SE. [] zul
Bagikan:
KOMENTAR