Kementerian Perindustrian RI Berikan Pelatihan Produksi dan Kewirausahaan IKM Konveksi


author photo

20 Feb 2019 - 12.33 WIB


Radaraceh.com, ACEH TAMIANG _ Sebanyak 25 orang dari Tujuh Kampung (Desa-red) mengikuti pelatihan produksi dan kewirausahaan IKM Konveksi, Rabu (20/02).

Kegiatan pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, yang diselenggarakan di gedung pusat Pelatihan Disperindagkop setempat. Selama Lima hari, mulai 18 sampai dengan 22 Februari. 

Tujuh Kampung yang mengikuti bimtek tersebut adalah Kampung cucur, Rantau pauh, Kompleks Pertamina, Durian, Paya Bedi, Perkebunan Tanjung Seumentok, dan Kampung Tanjung Seumentok. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong tumbuhnya wirausaha baru bagi masyarakat Aceh Tamiang, hal tersebut disampaikan Gunawan selaku Pelaksana Teknis Kegiatan IKM ketika ditemui media ini disela sela kegiatan. 

Melalui kegiatan ini, tambah Gunawan, dapat mengembangkan pelaku usaha yang terlatih di Aceh Tamiang serta meningkatkan SDM dan perekonomian, harapnya.

Sementara itu, Drs.Zagusli Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan menyambut baik kegiatan tersebut.
"saya menyambut baik kegiatan ini, karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi masyarakat," sebutnya.

Dan Ia juga menjelaskan, pihaknya hanya menyediakan pasilitas saja pada kegiatan ini, "selama ini pemerintah daerah juga telah melakukan berbagai upaya yang mendorong tumbuhnya wirausaha baru di daerah," 

Disisi lain, penggagas kegiatan, Sugiono SH, ketika ditemui media ini menyampaikan, "pelatihan ini ada 3 Katagori yang dimiliki oleh peserta, diantaranya sudah mempunyai usaha jahit, mempunyai keahlian sebatas untuk kebutuhan rumah tangga dan mempunyai minat akan tetapi tidak tersalurkan," katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa kegiatan ini difasilitasi oleh H.Zulfan Lindan, anggota DPR-RI melalui aspirasi nya dalam peningkatan sumberdaya manusia.

"Diharapkan melalui pelatihan ini dengan berbagai materi yang disampaikan, Insting yang kuat akan lebih baik jika dipadukan dengan pengetahuan dasar dasar teori tentang Konveksi,"katanya.

Pasca pelatihan nanti diharapkan para peserta dapat lebih meningkatkan kualitas dan mutu hasil karyanya, selanjutnya, pelatihan ini nantinya akan di tutup dengan peragaan pakaian busana muslim hasil dari produk pelatihan, dan diperankan langsung oleh peserta latihan. [] zul
Bagikan:
KOMENTAR