Bupati Aceh Tamiang Tangani Kerjasama Antara Kakanwil Kemenkumham Aceh


author photo

12 Feb 2019 - 08.55 WIB


Radaraceh.com, ACEH TAMIANG _ Bupati Aceh Tamiang tanda tangani kerjasama antara Kementerian Hukum dan HAM Aceh, kegiatan berlangsung di Lapangan tribun belakang kantor bupati, Kecamatan Karang Baru, Senin (11/02). 

Kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dengan kantor kementerian wilayah Hukum dan HAM Aceh bertujuan untuk mewujudkan masyarakat cerdas hukum dan juga sadar akan hukum tanpa paksaan. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Aceh, Agus Toyib, BC.IP, SH, MH dalam laporannya. 

Agus Thoyib menjelaskan dasar pelaksanaan mengacu pada peraturan Kepala BPHN Nomor HN. 03.05-73 Tahun 2008, tentang pembentukan dan pembinaan keluarga sadar hukum dan desa/keluharan sadar hukum.

Pada pelaksanaan penandatangan kerjasama antara Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Aceh dengan Bupati Aceh Tamiang tersebut disaksikan oleh Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementrian Hukum dan HAM RI dan Plt. Gubernur Aceh yang pada waktu itu di wakili Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh, Dr. M. Jafar, SH, M. Hum

Selain penandatanganan kerjasama, kegiatan tersebut sekaligus pengukuhan Komunitas Pelajar Penggiat Taat Aturan (KOPPETA) HAM SMKN I Kualasimpang, dan juga peresmian Desa sadar hukum sebanyak 42 Desa dari 12 Kecamatan di Kabupaten Aceh Tamiang. 

Pada kesempatan tersebut, Plt. Gubernur Aceh Dr. Nova Iriansyah melalui Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh, Dr. M. Jafar, SH, M. Hum menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang yang telah mengambil inisiatif untuk pendukung kegiatan desa sadar hukum. 

"Mudah mudahan Kabupaten lainnya yang ada di Aceh dapat mengikuti jejak Kabupaten Aceh Tamiang," harapnya 

Melalui kegiatan ini, harapnya lagi, hendaknya bantuan hukum dan pelayanan hukum bagi masyarakat dapat ditingkatkan tanpa harus menghadiri penasehat hukum dari luar daerah.

Selanjutnya, Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Prof. Dr. H. R. Beny Riyanto, SH, M. Hum, CN, mengucapkan terima kasih dan apresianya kepada plt. Gubpernur Aceh dan Bupati Aceh Tamiang  Kabupaten Aceh Tamiang, yang telah mendukung dan memfasilitasi Kanwil Kemenhumham Aceh sehingga memberikan kemudahan tugas Kemenkumham RI. 

"Kampung yang telah ditetapkan di Kabupaten Aceh Tamiang tergolong kampung yang memiliki tingkat kesadaran hukum yang sangat tinggi dan memiliki bobot scor diatas 140," katanya 

Diharapkan dapat dijadikan percontohan bagi Kampung-kampung lainnya dalam meningkatkan dan mewujudkan kesadaran hukum dilingkungan masyarakatnya, harapnya [] zul
Bagikan:
KOMENTAR