Setelah Dilakukan Pembugaran Makam Habib Bugak Diresmikan


author photo

24 Jan 2019 - 19.11 WIB


Bireuen - Setelah dilakukan renovasi pembugaran makam Habib Abdurrahman Bin Alwi Al Habsyie atau yang akrap disapa Habib Bugak yang bertempat di Desa Pante Peusangan Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen hari ini diresmikan, Kamis (24/01/2019). 

Dalam sambutannya Dandim 0111/Bireuen Lerkol Inf Amrul Huda menyampaikan, pembugaran makan Habib Bugak merupakan kegiatan TTMD Kodim 0111/Bireuen dan juga dukungan dari Pemda Bireuen.

"Habib Bugak merupakan salah satu pemilik tanah waqaf yang ada di arab saudi, yang setiap jamaah haji dari aceh tinggal disana, dan anggaran ini merupakan alokasi dari pemdan Bireuen sebesar satu milyar rupiah, kami juga ucapkan terima kasih kepada masyarakat pante peusangan yang telah mendukung dalam pembangunan ini, "ujar Dandim.

Sementara itu Bupati Bireuen H Saifannur S.Sos mengatakan, Islam di Aceh masuk pada abad ke delapan, Habib Bugak merupakan salah satu tokoh pandawa disaat itu yang dimana anak aceh yang sekolah di arab saudi di zaman itu bisa tinggal ditanah waqaf tersebut.

"Pemerintah Arab Saudi saat itu memberikan tanah untuk orang aceh yang disaat ini digunakan tempat tinggal jamaah haji setiap pergi berhaji, selain sejarah makam Habib bugak di Bireuen juga ada makam tgk syeh awe geutah, "terang Saifannur.

Lanjutnya, "Isyakallah tahun 2019 ini kita akan membangun jalan dan juga pagar, saya ucapkan terima kasih kepada Dandim yang telah melakukan pembugaran makam habib bugak dan juga masyarakat sekitar dan juga keluarga dari Habib Bugak, "paparnya.

Dalam acara ini juga dihadiri Wakil Bupati Bireuen, Danyon Raider 113 Jaya Sakti, Kapolres Bireuen, Kejari Bireuen, Rektor Al-Muslim, para Kadis dan para Camat serta  keluarga habib Bugak dan masyarakat Pante Peusangan. (faZ)
Bagikan:
KOMENTAR