Kunjungi Gandapura, Bupati Bireuen Resmikan Rumah Dhuafa dari Dana Desa di Gampong Tanjong Bungong


author photo

16 Jan 2019 - 20.53 WIB


RADAR ACEH | Bireuen- Bupati Bireuen H Saifannur, S.Sos meresmikan penggunaan rumah sehat layak huni yang dibangun dengan Dana Desa (DD) di Gampong Tanjong Bungong Kecamatan Gandapura, Rabu (16/1/2019)

Dua unit rumah sehat layak huni yang diperuntukkan pemerintah gampong Tanjong Bungong untuk kaum dhuafa tersebut, dibangun dengan menggunakan dana desa tahun anggaran 2018, sebanyak masing-masing Rp75 juta. Bupati Bireuen menyerahkan kunci secara simbolis kepada penerima Tgk Syeikh Baihaqi dan Nasruddin yang turut didampingi, Tgk Nuruzzahri (Waled Nu), Wakil Bupati Bireuen, Sekda, Muspika Gandapura, P3MD (PD/PLD) Gandapura, serta Keuchiek setempat.

Bupati Bireuen H Saifannur, S.Sos dalam sambutannya, menyebutkan, "Kami sangat mengapresiasi pemerintah gampong yang ada di Kecamatan Gandapura, khususnya gampong Tanjong Bungong yang telah menganggarkan dana desa untuk membangun rumah dhuafa atau layak huni," imbuh Bupati.

Lanjutnya, "Membangun rumah sehat layak huni untuk masyarakat miskin atau dhuafa merupakan program wajib dilaksanakan oleh setiap gampong yang ada di Bireuen, karena akan membantu masyarakat kita memiliki hunian keluarga yang layak, dengan hasil musyawarah gampong tentunya," kata Saifannur.

Selain itu, Kepala DPMGPKB Bireuen, Bob Mizwar, SSTP, M.Si, mengatakan, "Berdasarkan Permendes 19 th 2017 tentang prioritas dana desa tahun 2018, dana desa dipergunakan untuk kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sesuai kewenangan gampong. Salah satu prioritasnya, yakni membangun atau mengembangkan rumah sehat layak huni atau rumah dhuafa," katanya.

Disamping itu, sambung Kadis, membangun Embung, Sarana Olahraga Desa, Posyantek dan BUMG yang juga masih jadi prioritas penggunaan dana desa.

Dikatakan Bob, "Dengan dana desa 62,5 milyar pada tahun 2018 telah dibangun 130 rumah baru dan 1325 rumah rehab bagi fakir miskin di Kabupaten Bireuen. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu pelayanan sosial dasar bagi masyarakat gampong,"

"Untuk tahun 2019 dana desa bagi Kabupaten Bireuen sebanyak 453 Milliar untuk 609 gampong yang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni 416 milliar pada 2018.

Diharapkan dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan bagi masyaralat desa," tutup Bob

Diketahui, selain gampong tersebut, Gampong Cot Puuk bangun baru dua unit, Blang Keude dua unit, Lhok Mambang dua unit, Geurugok rehab sedang 4 unit, Blang Kubu rehab berat 5 unit, Tanjong Mesjid rehab 5 unit dan sejumlah gampong lainnya di Kecamatan Gandapura.

Sementara itu, Keuchiek Gampong Tanjong Bungong, Ramzi, S.Pd, disela acara kepada Radar Aceh menyebutkan, "Kami atas nama Pemerintah Gampong dan segenap masyarakat Gampong Tanjong Bungong, kami haturkan terima kasih atas kunjungan Bupati dan Wakil Bupati Bireuen serta jajaran pejabat Pemkab Bireuen ke gampong kami. Terima kasih juga kepada semua pihak, baik Camat Gandapura, PD dan PLD Gandapura, TA Kabupaten dan DPMGPKB Bireuen yang telah memfasilitasi acara ini hingga terlaksana dengan baik," 

"Kami di Gampong sangat mengharapkan pembinaan secara simultan, baik dari Kecamatan, Pendamping Desa dan dinas terkait di Kabupaten dalam menjalankan program pembangunan gampong dengan Dana Desa sesuai dengan amanah UUdesa nomor 6 tahun 2014," pungkas Ramzi.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan peresmian Balai Pengajian gampong setempat yang dibangun dengan swadaya masyarakat, juga disertai perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H dan di isi dengan Tausiah dari Waled Nu Samalanga.

Tampak hadir Bupati Bireuen H Saifannur, S.Sos, Wakil Bupati Bireuen Dr. Muzakkar Agani, SH, M.Si, Sekda Ir. Zulkifli, Kadis DPMGPKB Bireuen, Bob Mizwar, SSTP, M.Si, sejumlah Kepala SKPK dan jajaran pejabat Pemkab Bireuen lainnya, Waled Nuruzzahri (Waled Nu Samalanga), Tenaga Ahli P3MD Bireuen, Kapolsek Gandapura Ipda Melisa, S.Tr.K, Danramil Gandapura, Kapten Adi Boy, PD dan PLD Gandapura, Tokoh Alim Ulama Gandapura, Para Keuchiek se-Kecamatan Gandapura, Perangkat gampong serta seratusan masyarakat setempat. [SR]
Bagikan:
KOMENTAR