Kasipendmad Tutup Kegiatan Bimtek Penyusunan Soal USBN Tingkat MA


author photo

18 Jan 2019 - 11.05 WIB


Radaraceh.com, ACEH TAMIANG _ Bimbingan Teknis Penyusunan soal USBN untuk tingkat Aliyah resmi ditutup oleh Kasipendmad Kantor Kementrian Agama Kabupaten Aceh Tamiang Zainuddin, S.Ag, Kamis (17/01).

Sebelumnya, kegiatan bimtek tersebut dibuka langsung oleh kepala kantor kementerian Agama Aceh Tamiang, Drs H Hasan Basri. MM pada 14/01/2019 lalu. 

Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari, sejak 14 sampai dengan 17 Januari, dan ikuti oleh 36 guru bidang studi dari 14 Madrasah se-Kabupaten Aceh Tamiang untuk tingkat Aliyah, Negeri dan Swasta untuk mata pelajaran yang di ujiankan pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun ajaran 2018 - 2019 bertempat di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Aceh Tamiang (STAI AT) Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang , dan ini merupakan terobosan yang dilakukan oleh Kelompok Kerja Kepala Madrasah Tingkat Aliyah. 

Dan terobosan yang dilakukan K3M tingkat Aliyah mendapatkan apresiasi Kasipendmad Kantor Kemenag Aceh Tamiang, Zainuddin, S.Ag. "saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan yang dilakukan oleh K3M, hal ini merupakan respon dari apa yg di wacanakan oleh kasipenmad," ungkapnya ketika memberi sambutan pada penutupan bimtek tersebut. 

Seperti diketahui, sambung Zai, nilai UN untuk di Aceh sangat tertinggal, posisi 30 dari 33 provinsi yang ada di Indonesia, dengan dilakukan kegiatan seperti ini saya berharap dapat meningkatkan kualitas soal nantinya, serta meningkatkan mutu dari guru bidang studi. 

Ia menilai, soal berbentuk HOTS (High Older Thinking Skills) bukan suatu hal yang baru, dan Kita gali dan kembangkan terus ilmu tersebut, karena Kelulusan menjadi tanggung jawab kita semua, agar siswa dapat melanjutkan kejenjang perguruan tinggi dan sekolah kedinasan nantinya, karena soal berbentuk hots sudah menjadi tuntutan dalam dunia pendidikan. 

Sebelumnya, Hanifah Hanum, M.Sc, salah satu peserta bimtek dari MAN 2 Aceh Tamiang ketika mewakili peserta dalam memberikan tanggapan mengungkapkan, kegiatan yang baik seperti ini jangan hanya sekali ini saja, akan tetapi dapat berkelanjutan, agar pengetahuan dan kualitas guru bidang studi dapat meningkat. 

Hanum juga berharap kedepannya jika dilaksanakan kegiatan seperti yang ini lagi, dilaksanakan pada saat libur sekolah siswa, sehingga kegiatan proses belajar mengajar tidak terganggu, serta fasilitas sarana dan prasarana ditingkatkan kembali, dan juga Peserta nya ditambah,"harapnya. 

Sementara itu, Ketua K3M tingkat Aliyah, Mirza Effendi, ST. S.Pd.I, yang juga ketua panitia bimtek tersebut menjelaskan, tujuan dilaksanakan nya bimtek dan ini tidak lain adalah untuk meningkatkan mutu soal USBN nantinya, sekaligus menyiapkan tantangan era pendidikan aplikasi. "ini kali pertamanya kami buat kegiatan seperti ini, dan kami mencoba membuat trobosan demi menyikapi era pendidikan yang semakin canggih, yang semuanya dihadapkan dengan digital," tuturnya kepada Radaraceh.com usai kegiatan tersebut.

Ia juga mengucapkan ucapan terima kasih kepada pemateri dari balai diklat keagamaan provinsi Aceh, Hj. Mutia Fariha. M. Pd, dan Pendamping dari kantor kemenag Aceh Tamiang, Alhamin Nst. MA, yang juga pengawas madrasah setingkat MA yang telah memberikan bimbingan selama empat hari penuh kepada guru bidang studi. [] zul
Bagikan:
KOMENTAR