Bupati Atam Buka Kegiatan Manasik Haji


author photo

20 Jan 2019 - 11.39 WIB


Radaraceh.com, ACEH TAMIANG _ Haji adalah kewajiban wajib bagi umat islam, yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup mereka (muslim), dalam pengertian lain Haji adalah ziarah yang dilaksanakan umat islam ke mekkah, yang merupakan kota suci bagi umat muslim.  

Dan muslim yang dapat menjalankan ibadah haji adalah bagi mereka yang sudah dewasa, yang secara fisik dan finansial mampu melakukan perjalanan, dan dapat mendukung keluarga mereka selama ditinggalkan melaksanakan ibadah tersebut. 

Ini adalah satu dari luma Rukun Islam, disamping Syahadat, Shalat, Zakat, dan Puasa pada bulan Ramadhan. Haji merupakan demonstrasi solidaritas orang - orang muslim, dan ketakwaan mereka terhadap Tuhan (Allah), dan kata Haji berarti "berniat melakukan perjalanan," yang berkonotasi baik tindakan luar dari perjalanan dan tindakan ke dalam niat. 

Selain mampu secara fisik dan finansial, calon jemaah haji yang akan di berangkatkan juga wajib memahami ilmu - ilmu manasik haji dan ilmu agama lainnya. 

Untuk itu, Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Aceh Tamiang menggelar manasik haji dan umrah bagi calon haji yang akan berangkat. Sehingga mereka dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan selama menunaikan ibadah di tanah suci, dan dapat menyesuaikan nantinya. 

Kegiatan pembukaan tersebut dilaksanakan di Aula Al Ikhwan Kantor kementerian Agama Aceh Tamiang, Sabtu (19/01) dan langsung dibuka oleh Bupati Aceh Tamiang, H Mursil.  

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Aceh Tamiang H Mursil memberikan apresiasi dan juga penghargaan setinggi - tingginya kepada IPHI yang telah menggagas dan melaksanakan kegiatan tersebut. "kami sangat mendukung kegiatan ini, karena kegiatan manasik ini sangat penting untuk dilaksanakan bagi para calon haji yang akan di berangkatkan," ucapnya 

Mursil menilai manasik yang dilaksanakan ini merupakan bekal pengetahuan dan wawasan bagi calon jemaah haji. "tidak cukup hanya memberikan buku panduan saja, sementara dalam pelaksanaannya dituntut untuk mampu mempraktikan-nya, dalam bentuk ritual sekaligus gerakan, berikut bacaan doa maupun tata caranya," ucapnya lagi

Untuk itu, sambung mursil, saya berharap para calon jemaah haji dapat bersungguh sungguh dalam mengikuti manasik ini, sehingga nantinya dapat menjadi menjadi haji yang mabrur, setelah mengikuti manasik ini, begitu juga dengan para pembimbing manasik, kiranya dapat bersungguh sungguh dalam membimbing para calon haji," tutupnya 

Selain Bupati Aceh Tamiang H Mursil, turut hadir dalam acara tersebut, Ketua IPHI Kabupaten Aceh Tamiang, H Anwar Fadli, beserta sekretaris dan pengurus, Kakankemenag Aceh Tamiang Drs H Hasan Basri, dan seluruh para calon haji. [] zul
Bagikan:
KOMENTAR