Bersihkan Areal Makam Habib Bugak, Danramil Jangka: Ini Bentuk Edukasi Bagi Generasi Muda


author photo

11 Jan 2019 - 16.58 WIB


RADAR ACEH | Bireuen- Muspika Jangka bersama personil Koramil 07 melaksanakan bakti sosial membersihkan kompleks makam Habib Bugak Al Asyi yang berlokasi di Gampong Pante Peusangan Kecamatan setempat.

Gotong royong pada Jum'at (11/1/2019) yang digelar sekira pukul 08.15 WIB tersebut juga turut serta sejumlah guru, para pelajar dari MAN 7 Bireuen dan SMAN Jangka serta warga setempat yang begitu antusias membersihkan areal makam ulama besar yang dulunya telah mewakafkan tanah untuk masyarakat Aceh di Arab Saudi.

Paska kegiatan bakti sosial tersebut, Danramil 07 Jangka, Kapten Inf Nanang Sudaryanto kepada Radar Aceh, (11/1) menyebutkan, "kegiatan ini dilakukan mengingat akan rampungnya kegiatan renovasi dan pembangunan komplek makam Habib Bugak, yang dilaksanakan oleh prajurit TNI dalam program Operasi Teritorial (Opster) TNI Kodam Iskandar Muda di wilayah Kodim 0111/Bireuen.

Selain itu, tambah Nanang, "proses pembangunan makam ini sudah masuk dalam tahap finishing, dengan adanya keterlibatan para pelajar, diharapkan agar mereka mengenal sosok ulama besar dan juga ini merupakan bentuk edukasi bagi generasi muda khususnya di kecamatan Jangka,"

Dia juga menjelaskan, "sosok ulama yang dikenal dengan Habib Bugak telah memberi manfaat besar bagi masyarakat Aceh, khususnya yang melaksanakan Ibadah Haji, dimana pendapatan dari tanah wakaf (oleh Habib Bugak-red) di Arab Saudi, selalu mendapat kucuran dana bagi hasil setiap tahunnya untuk jamaah haji asal Aceh yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi," sebut Danramil Jangka.

Lanjutnya, "Dengan kegiatan ini kita juga berharap, para generasi muda dapat mengenal secara lebih dekat seorang ulama besar yang  berjuang demi agama Islam dengan kerelaannya mewakafkan harta/tanahnya di jalan Allah SWT serta rela meninggalkan kampung kelahirannya Arab Saudi," pungkas Kapten Inf Nanang. [SR]
Bagikan:
KOMENTAR