Satgas Pageu Gampong dan Anti Narkoba Gampong Baro Ikuti Pelatihan Bela Negara di Makodim/0111 Bireuen


author photo

22 Des 2018 - 14.17 WIB


RADAR ACEH | Bireuen- Satgas Pageu Gampong dan Satgas Anti Narkoba dari Gampong Baro Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen, mengikuti Pelatihan Bela Negara di Markas Kodim/0111 Bireuen, Sabtu (22/12/2018).

Sejumlah 12 anggota satgas gabungan dikirim oleh Keuchiek Gampong Baro Kecamatan Peusangan yang dilantik beberapa hari lalu tersebut untuk mengikuti pelatihan Bela Negara dengan mengambil tema, "Meningkatkan Nasionalisme dan  Patriotisme dalam rangka Penguatan Karakter" yang berlangsung selama dua hari, sejak 22- 23 Desember 2018.

Keuchiek Gampong Baro Sulaiman Hasan, kepada Radar Aceh, (22/12) menyebutkan, "pelatihan ini didasari usulan seluruh unsur masyarakat, biayanya telah dianggarkan dalam APBG gampong yang bersumber dari dana desa (DD),

Menurutnya, "Pelatihan bela negara juga bertujuan membangun sumber daya manusia yang lebih berkualitas dalam rangka menunjang program-program yang dicanangkan oleh pemerintah 
Gampong Baro, terutama dalam bidang keamanan dan bebas dari pemakaian obat-obatan terlarang/narkoba," terang Keuchiek.

Dia juga berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat dan Pendamping Lokal Desa (PLD) P3MD, yakni Imran, S.Kom yang telah mendukung dan membantu mendampingi hingga terlaksananya kegiatan pelatihan ini," ucap Sulaiman.

Sementara itu, Pasiter Kodim/0111 Bireuen Kapten Inf. Syawaludin, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Camat Peusangan dan Pemerintah Gampong Baro karena telah mampercayakan kegiatan ini kepada Kodim/0111 Bireuen. Ia juga sangat mengapresi kegiatan ini dikarenakan baru pertama kalinya ada kegiatan pelatihan Bela Negara yang dilaksanakan oleh gampong.

Dia juga meminta kepada peserta Pelatihan yang terdiri dari 12 orang peserta gabungan dari Satgas Pageu Gampong dan Satgas Anti Narkoba Gampong Baro dapat memahami dan mengimplementasikan hasil pelatihan semaksimal mungkin.

Syawaludin juga mengharapkan, "desa-desa lain juga bisa mengikuti kegiatan ini, penting bagi mereka untuk meningkatkan kecintaannya terhadap NKRI," harapnya.

Selanjutnya, pada kesempatan yang sama, Camat Peusangan Erry Seprinaldi, SSTP, S.Sos, M.Si, dalam sambutannya juga mengharapkan peserta dapat bersinergi dengan pelatih agar pelatihan ini sukses. 

"Semoga pelatihan ini dapat membentuk karakter yg lebih baik bagi peserta dan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi bernegara, rela berkorban untuk negara dan memiliki kemampuan awal bela Negara," sebut Erry

Camat Erry juga berharap agar tahun depan desa lain yang ada di Kecamatan Peusangan bisa membuat pelatihan serupa. 

Imran, S. Kom selaku PLD juga menambahkan, "pelatihan ini penting dikarenakan Satgas ini ada hubungannya dengan keamanan desa, dengan adanya kegiatan ini adanya perubahan pola pikir para peserta yang lebih baik dalam membangun desa terutama dalam bidang keamanan gampong dan kegiatan dapat menumbuh kembangkan kecintaan peserta kepada tanah air Indonesia," pungkasnya.

Peserta Pelatihan di serahkan langsung kepada Pasiter Kodim/0111 Bireuen oleh H. Mustafa Tahir selaku Ketua Tuha Peut Gampong mewakili Keuchik gampong yang didampingi Camat Peusangan dan PLD setempat.

Sejumlah 12 peserta tersebut akan
dilatih langsung oleh Kapten Inf Syawaluddin, dan dibantu Serka Mispul Duraini, Serka Surya Tarigan, Serka Zulkifli Tampubolon dan Sertu Bobby Afrizal. [SR]
Bagikan:
KOMENTAR