Kemukiman Sawang Utara Laksanakan Pemilihan Mukim di Meuligoe


author photo

3 Des 2018 - 19.27 WIB


Sawang | Radar Aceh. Com | Kemukiman Sawang Utara Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara pada hari ini, Senin (3/12/2018) Melakukan pemilihan Imum mukim  di Meunasah Gampong Kuta Meuligoe.  

Dalam sambutan, Ketua Panitia Pemilihan, Ade Oscar Jailani, S.H menyampaikan Bahwa calon Imum mukim Sawang Utara Kec Sawang Kab aceh Utara Kali ini Ada 3 Kandidat yg mendaftar Dan ke tiga tiganya setelah di teliti kelengkapan berkas Dan track record ke tiga tiganya telah memenuhi Syarat sebagai calon Imum mukim Sawang Utara yang di buktikan  dengan  penetapan calon dari pembina pemilihan Imum mukim Kabupaten aceh Utara.

Ketiga calon tersebut yaitu Salahuddin  Abad memegang nomor urut 1,selanjutnya nomor urut 2 di pegang oleh Abdul Jalil, sedangkan nomor urut 3 di pegang oleh Syaukani Bentam.

Dalam pemilihan ini dimenangkan oleh Kandidat nomor urut 2 yaitu Abdul Jalil dengan perolehan 35 suara, sedangkan Kandidat nomor 1 Dan 3 masing2 memperoleh 18 Dan 17 suara, total yang menggunakan Hak pilihnya 70 orang, 3 orang berhalangan hadir, total DPT 73 orang.

Pada pemilihan Kali ini panitia menghadirkan seorang panelis dari Universitas Malikussaleh yaitu Tgk Hamdani, S.Ag.,MA beliau sebagai Dosen dan juga ketua bidang Hukum adat pada lembaga MAA Kabupaten Aceh Utara. 

Beliau mencerca beberapa Pertanyaan kepada Kandidat mengenai lembaga Imum mukim yg di dalam Qanun nomor 14 tahun 2011 tentang Pemerintahan Mukim sudah di atur se demikian bagus tentang pemerintah mukim, akan tetapi implementasinya yang belum maksimal karena keterbatasan anggaran pemerintah kabupaten sehingga perangkat mukim belum bisa di bentuk sesuai amanah qanun. 

Sementara Camat Sawang, Ibrahim Bardan, S.Sos berpesan kepada siapa pun yang memenangkan pemilihan Imum mukim kali ini agar bisa bekerja sesuai peraturan yang Ada, bersinergi dengan peserta musyawarah pemilihan Imum mukim yaitu Geuchik, Tuha Peut, Imum meunasah, Imum mesjid serta lembaga adat lainnya. Tantangan pemerintah mukim ke Depan semakin berat karena harus bisa mempersatukan gampong gampong agar bisa mandiri dengan adanya Dana Desa Melalui program P3MD. 

Kepada Media ini, Oscar juga mengatakan bahwa pemilihan Imum mukim dalam Kecamatan Sawang akan di adakan 2 hari, senin Tgl 3 desember 2018 di meunasah Gampong Kuta meuligoe untuk pemilihan Imum mukim Sawang Utara, sedangkan hari selasa 4 desember 2018 pemilihan Imum mukim Sawang selatan yang lokasi pemilihan nya di Aula Kantor Camat Sawang. (FA)
Bagikan:
KOMENTAR