Kapolres Lhoksemawe: Tidak Ada Pemberitahuan Terkait Pengibaran Bendera Bulan Bintang Pada Milad GAM ke 42


author photo

4 Des 2018 - 22.08 WIB


RadarAceh.com-- Lhokseumawe, Kapolres Lhokseumawe, Ari Lasta mengatakan awalnya tidak mengetahui terkait adanya pengibaran bendera bulan bintang pada acara Milad Gerakan Aceh Merdeka(GAM) di pelataran Mesjid Gampong Meunasah Manyang Kandang, Selasa (4/12/2018).

Saat ada pengibaran bendera bulan bintang, saya baru mendapat informasi dari tim di lapangan,"kata Ari Lasta.

Namun sebelumnya pihak aparat TNI POLRI sudah tampak berjaga jaga diseputaran Gampong Meunasah Manyang. Saat dikonfirmasi wartawan, Ari Lasta membenarkan ada menugaskan Anggotanya untuk mengamankan proses acara pada Milad GAM, bahkan disaat pihak aparat mengetahui adanya pengibaran bendera bulan bintang, langsung berupaya menurunkan bendera yang sudah berkibar di ujung tiang, namun untuk mengantisipasi terjadinya gesekan dalam acara tersebut, pihak aparat melakukan pendekatan persuasif dengan penyelenggara yang ada di lokasi acara, sehingga bendera bulan bintang diturunkan kembali setelah berkibar beberapa menit dengan proses upacara Gerakan Aceh Merdeka (GAM). 

Kapolres Lhokseumawe, Ari Lasta mengatakan dalam upacara tersebut 
tidak ada yang bertanggung jawab, begitupun WaliKota hanya undangan kata Ari yang sempat mengkonfirmasi WaliKota Lhokseumawe, Suaidi Yahya saat dilokasi acara. 

Upacara tersebut tampak dilaksanakan setelah acara  kenduri dan baca do'a bersama, dan berlangsung secara hikmad.

Informasi dan hasil monitor yang didapatkan pihak Polres kota Lhokseumawe ada delapan titik acara peringatan Milad GAM dalam bentuk zikir dan do'a bersama yang diselenggarakan secara merata di delapan kecamatan dalam wilayah Kota Lhokseumawe,"Kata Ari Lasta. 

Adanya acara seremonial pengibaran bendara bulan bintang, itu sebelumnya sudah ada konfirmasi dengan petinggi petinggi mantan mantan kombatan GAM, baik panglima sagoe dan panglima Wilayah Pase, mereka mengatakan tidak akan mengibarkan Bendera Bulan Bintang,"kata Ari Lasta.(MK)
Bagikan:
KOMENTAR