APDESI Aceh Utara Sambangi Warga Miskin Pirak Timu yang Tinggal di Gubuk Sempit Tak Berdinding


author photo

25 Des 2018 - 20.29 WIB


RADAR ACEH | Aceh Utara- Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Aceh Utara sambangi kediaman Mujammil (48) warga gampong Alue Rimei Kecamatan Pirak Timu, Selasa (25/12/2018)

Pria yang beristerikan Nurhayati bin M Yakob tersebut mempunyai 6 orang anak dan 4 masih tinggal bersamanya.

Dikisahkan, pada tahun 1998 ia pindah ke Kuala Simpang ketika konflik Aceh berkecamuk dan kembali pulang kampung halaman pada 2014 lalu.

Selama 4 tahun menetap di Kecamatan Pirak Timu Kabupaten Aceh Utara dengan kerja serabutan membuat kehidupannya semakin miris dan terpuruk, dan yang sangat menyayat hati ketika sang istri tidak dapat bergerak karena kakinya mengalami lumpuh total dan tidak bisa berobat dikarenakan tidak ada biaya.

Hari-hari Mujammil dan keluarga hanya menunggu bila ada yang memerlukan tenaganya dengan kerja harian. 

Digubuk kecil berukuran 4x4 tanpa dinding di huni oleh 4 orang anak dan 1 cucunya yang masih bayi juga tinggal ditempat
yang amat sangat tidak layak huni tersebut. Sungguh kondisi sosial yang memprihatinkan dan membutuhkan uluran tangan kemanusian.

"Memang dengan adanya dana desa seharusnya Ia dan keluarga menjadi prioritas, namun karena administrasi belum lengkap yang salah satunya adalah tanda pengenal KTP yang membuat Keuchik setempat kesulitan membuat pengajuan, sebab yang bersangkutan belum mengurus dan mengambil surat keterangan pindah dari tempat tinggalnya dulu.

Apalagi Mujammil, semeter tanah pun tidak dimilikinya, jadi sulit mengurus bantuan secara formal," sebut Keuchiek Alue Rime dan pengakuan Mujammil sendiri.

APDESI berharap kepada pemerintah di tingkat Kabupaten maupun Provinsi untuk dapat memberi bantuan sementara dengan alasan kemanusiaan. [RED]
Bagikan:
KOMENTAR