Waspada ! Maraknya Penipuan Media Sosial Menimpa Warga Kubu Raya


author photo

1 Nov 2018 - 21.15 WIB


KUBU RAYA – Maraknya penipuan di Media Sosial menimpa Rudi Susanto yang merupakan warga Dusun Idaman Jaya, RT.24 RW.08, Desa Olak-Olak, Kec. Kubu, Kab. Kubu Raya.

Berawal saat korban mendapatkan informasi adanya akun Jual beli motor di facebook.

"Awalnya saya mendapatkan informasi dari akun Facebook adanya penjualan motor CBR Ninja dengan harga murah di wilayah kota Semarang dan saya coba chat via Facebook dan penjual motor merespon dan meminta uang untuk ongkos kirim sebesar Rp 3,5 juta dan selanjutnya meminta untuk kepengurusan surat menyurat dengan jumlah keseluruhan Rp 9,5 juta dengan pengiriman 4 kali transfer," ujarnya saat dikonfirmasi via telepon, Kamis,(1/11/2018).

Kronologinya saat korban mencari motor RX King melalui Facebook, kemudian melihat posting motor CBR Ninja dengan harga yang sangat murah tanpa menyadari kalau motor yang ditawarkan itu penipuan.

Saat sebelum terjadinya pembayaran melalui transfer kepada pelaku penipuan, pemilik akun diduga palsu tersebut mengirimkan beberapa dokumen seperti BPKB, STNK dan tanda bukti dokumen lelang pada korban.

Namun, setelah ditransfer uang akun Facebook tersebut tidak bisa dilakukan chat kembali.

Hingga saat ini sudah satu bulan motor yang ditunggu tak kunjung datang, ketika dikonfirmasi pemilik akun jual motor kembali meminta uang sebesar Rp 2 juta untuk membuka kode pin pengiriman barang tersebut.

Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian dan akan membuat laporan ke pihak kepolisian agar pelaku penipuan bisa ditangkap dan tidak adanya korban selanjutnya.(*)
Bagikan:
KOMENTAR