MTQ Kota Langsa Ke 9 di Ikuti 244 Peserta


author photo

24 Nov 2018 - 07.29 WIB


LANGSA - Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kota Langsa ke 9 di lapangan Merdeka Langsa, Jum'at (23/11/2018) malam.

Acara dimulai dengan parade devile kafilah dari halaman Pendopo Walikota Langsa menuju tribun utama diiringi dengan drumband.

Wakil Walikota Langsa saat membuka acara mengaku bahagia bisa hadir ditengah-tengah komunitas para qari, qariah serta para hafizh dan peserta MTQ.

Dikatakan Marzuki, pelaksanaan MTQ selalu dilaksanakan mulai dari tingakat Gampong (desa, red), Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional dan Internasional, ini merupakan upaya Pemrintah untuk dapat mengamalkan isi kandungan Alquran.

"Kegiatan-kegiatan MTQ ini selalu dilaksanakan pada setiap tingkatan baik gampong sampai internasional, tentu ini upaya dari pemerintah agar seluruh elemen masyarakat yang ada dalam setiap tingkatan itu dapat meningkatkan bacaan, pemahaman dan pengamalam dari Alquran,"katanya.

"Yang pada akhirnya kita dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, inilah tujuan dan hakikat dalam pelaksanaan MTQ,"tambahnya.

Marzuki berpesan agar MTQ tidak dijadikan sebagai ajang hura-hura, tetapi hendaknya dijadikan untuk mensyiarkan agama Islam. "Jadi MTQ bukan tempat untuk berhura-hura dengan berharap sesuatu, namun harus berdasarkan niat yang ikhlas dan berharap ridha Allah SWT untuk mensyiarkan agama Islam,"imbuhnya.

Dirinya berharap agar para dewan hakim dapat melaksanakan tugasnya dengan jujur, amanah, objektif dan sportif, sehingga hasil pelaksanaan MTQ tidak diragukan.

Dirinya mengajak seluruh komponen masyarakat Kota Langsa untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan MTQ. "Pelaksanaan MTQ in juga harus mendapat suppot dan partisipasi dari masyarakat untuk melihat, mendengarkan dan mengambil pelajaran dari pelaksanaan MTQ ini, sehingga memiliki efek yang membekas dalam diri kita,"tutupnya.

Sebelumnya, ketua panitia Drs. H. Ibrahim Latif, MM mengatakan, pelaksanaan MTQ ini bermaksud untuk menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Alquran.

Lanjutnya, MTQ juga bertujuan untuk mencari bibit unggulan yang akan mewakili Kota Langsa pada MTQ tingkat Provinsi.

Pelaksanaan MTQ yang berlangsung selama tiga hari ini melombakan beberapa cabang perlombaan, diantaranya Tilawatil Quran, Hifzhil Quran, Tafsir Alquran, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Khattil Quran dan Musabaqah Makalah Alquran.

Adapun peserta yang mengikuti MTQ berjumlah 244 peserta yang terdiri dari lima kafilah, yaitu kafilah Kecamatan Langsa Barat 49 peserta, kafilah Kecamatan Langsa Kota 53 peserta, kafilah Kecamatan Langsa Baro 47 peserta, kafilah Kecamatan Langsa Lama 51 peserta dan kafilah Kecamatan Langsa Timur 44 peserta.

Pada saat yang bersamaan,  Wakil Walikota Langsa juga melantik Drs. H. Ibrahim Latif, MM sebagai koordinator dewan hakim MTQ.

Pembukaan MTQ ditutup dengan lantunan alquran yang dibacakan oleh Qari terbaik Internasional Darwin Hasibuan, S. Pd. I yang berasal dari Medan, Sumatera Utara.(W)
Bagikan:
KOMENTAR