Mengenal Free Morphemes dan Bound Morphemes dalam Bahasa Inggris


author photo

21 Nov 2018 - 21.21 WIB


Dalam artikel kali ini, penulis akan membahas tentang salah satu cabang pelajaran Morfologi khususnya dalam Bahasa Inggris yaitu Free Morphemes dan Bound Morphemes. Namun, sebelum kita membahas tentang Free Morphemes dan Bound Morphemes penulis akan menjelaskan sedikit tentang definisi dari Morfologi.
Menurut Rochelle Lieber dalam bukunya yang berjudul "Introducing Morphology" Morfologi adalah studi tentang pembentukan kata, termasuk tata cara kata baru diciptakan dalam bahasa di dunia, dan bentuk kata yang bervariasi tergantung pada bagaimana kata itu digunakan dalam kalimat. Selain itu, komponen terpenting dalam Morfologi adalah Morfem. 

Ahli bahasa mendefinisikan morfem sebagai satuan terkecil bahasa yang memiliki arti tersendiri. Contohnya seperti kata : giraffe (jerapah), wiggle (bergoyang), atau yellow (kuning). Kata ini merupakan morfem. Morfem ini mempunyai beberapa klasifikasi salah satunya adalah Free Morphemes dan Bound Morphemes yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.
Menurut Abdul Chaer dalam bukunya yang berjudul "Linguistik Umum" yang di maksud dengan Free Morphemes atau Morfem Bebas adalah morfem yang tanpa kehadiran morfem lain dapat muncul dalam pertuturan. Kita dapat menggunakan morfem-morfem tersebut tanpa harus terlebuh dahulu menggabungkannya dengan morfem lain. Sebaliknya, yang dimaksud dengan Bound Morphemes atau Morfem Terikat adalah morfem yang tanpa digabungkan dengan morfem lain tidak dapat muncul dalam penuturan. Semua afiks adalah morfem terikat.
Adapun dalam buku "Introducing Morphology" Rochelle Lieber menyatakan dalam bahasa yang lebih sederhana bahwa yang dimaksud dengan Free Morphemes adalah morfem yang dapat berdiri sendiri sebagai kata. Sedangkan Bound Morphemes adalah morfem yang tidak bisa berdiri sendiri dan biasanya harus menggunakan afiks.
Seperti pada contoh berikut :
Un / Wipe
Head / Bracelet
McDonald / ize / ation 

Beberapa morfem pada contoh di atas dapat berdiri sendiri sebagai kata seperti : wipe, head, bracelet dan McDonald. Ini disebut Free Morphemes atau Morfem Bebas. Kata yang tidak bias berdiri sendiri dan termasuk ke dalam Bound Morphemes atau Morfem Terikat adalah un-, -ize dan –ation. Morfem tersebut datang dari berbagai varietas, seperti pada contoh yang digunakan adalah awalan (un-), sisipan (-ize) dan akhiran (-ation). 

Nah, dari penjelasan diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa Free Morphemes adalah morfem yang tanpa keterkaitannya dengan morfem lain dapat langsung digunakan dalam pertuturan. Minsalnya giraffe (jerapah). Sedangkan Bound Morphemes adalah morfem yang harus terlebih dahulu bergabung dengan morfem lain untuk dapat digunakan dalam pertuturan. Minsalnya seperti awalan "un" pada kata unwipe. 
Bagikan:
KOMENTAR