Gampong Pucok Alue Barat Wujudkan Uji Baca Ayat Suci Alqur'an Kepada Para Calon Geuchik


author photo

9 Nov 2018 - 00.52 WIB


Radar Aceh Timur --- Penerapan uji baca ayat suci Alqur'an tidak hanya diterapkan untuk para calon Anggota legeslatif,  Kali ini Gampong Pucok Alue Barat juga melaksanakan uji baca Alqur'an kepada empat calon geuchik yang akan dipilih oleh warganya.
 
Ketua Panitia pemilihan Geuchik Gampong Pucok Alue Barat Maimun Abdullah mengatakan semestinya pelaksanaan uji baca Alqur'an berlangsung pada Jam 20:00 WIB, namun dikarenakan cuaca hujan, waktu pelaksanaan menjadi molor, kendati demikian kehadiran para calon geuchik masih ada yang belum hadir, hanya dua calon yang sudah hadir, masyarakat yang ikut menyaksikan pun tampak sepi walaupun  sudah di umumkan lewat pengeras suara masjid Pucok Alue  Barat, kata Maimun Kamis (08/11/2018). 

Kehadiran Penguji baca Alqur'an dari kantor urusan Agama(KUA) Kecamatan Simpang Ulim Aceh Timur juga tampak terlambat hadir dari janji waktu yang dijadwalkan.

Pelaksanaan Uji baca Alqur'an mulai dilaksanakan oleh panitia setelah dilakukan absensi kehadiran dan pemeriksaan berkas persyaratan dari masing masing calon. Tampak beberapa berkas calon masih ada yang belum lengkap. 

Tidak ketinggalan juga panitia ikut mengadakan pengeras suara untuk proses uji Baca Alqur'an, berangsur angsur sembari menunggu pelaksanaan uji baca Alqur'an, warga mulai berdatangan,  hujanpun perlahan reda,  acarapun dimulai tepat pada pukul 21:36 WIB, yang dibuka langsung oleh Ketua panitia, Maimun.

Dilanjutkan bimbingan tata  cara pelaksanaan uji baca ayat suci Alqur'an oleh teungku ishak dari KUA. Dan diawali Pembacaan ayat Suci Alqur'an oleh calon Geuchik yang mendapat nomor undian pertama Muhammad Daud, yang di uji tajwid kemudian ditanyakan hukum tajwid dari salah satu potongan ayat suci Alquran yang di lantunkan oleh masing masing calon Geuchik Gampong Pucok Alue Barat. Satu persatu calon telah di uji, seorang warga berdecik tepat disebalah Radar Aceh, kedengarannya Calon Pertama Muhammad Daud lebih fasih dan mengerti, Jelas saat di tanya oleh penguji mampu dijawabnya,  sementara beberapa calon yang lain tidak tampak mampu menjawab dan sepertinya tidak mengerti, "ujar muslim warga pucok Alue Barat. 

Bahkan salah satu calon sempat ditertawakan warga karena menjawab katuwo lon (sudah lupa saya) saat ditanyakan penguji tentang tentang Tajwid dalam sepotong ayat suci Alqur'an.

Menyangkut penilaian dewan juri terhadap hasil uji bacaan dan pemahaman ayat suci Alqur'an akan diberikan esok hari dengan bentuk sertifikat, Untuk penilian malam ini warga sudah dapat menilai sendiri, ungkap teugku Ishak selaku Panguji dari KUA.
Alhamdulillah pelaksanaan uji pembacaan ayat suci Alqur'an di Gampong Pucok Alue Barat selesai tepat pada 22:42 WIB dan ditutup dengan Doa oleh Abi Ishak KUA Simpang Ulim Aceh Timur.(MK) 
Bagikan:
KOMENTAR