Pelatihan Siskeudes Untuk Operator Gampong Berakhir, Ketua BKAD: Kami Apresiasi P3MD Gandapura atas Partisipasinya


author photo

25 Okt 2018 - 23.11 WIB


RADAR ACEH | Bireuen- Pelatihan Aplikasi Siskeudes bagi operator se-kecamatan Gandapura yang dilaksanakan dalam dua gelombang telah berakhir hari ini, Kamis (25/10/2018)


Kegiatan tersebut terlaksana berkat kerja sama Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Kecamatan Gandapura dan dinas DPMGPKB Pemkab Bireuen serta turut didampingi oleh Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) P3MD Gandapura.


Ketua BKAD Kecamatan Gandapura, Sofyan Yahya, yang didampingi Keuchiek Blangguron Drs.Muhammad Rayeuk sekaligus panitia pelaksana kegiatan, mengatakan, "Kegiatan pelatihan ini telah dilaksanakan dalam dua gelombang, untuk gelombang I diikuti oleh 20 gampong sejak 22-23 Oktober 2018 dan sisanya 20 gampong lagi gelombang ke II pada 24-25 Oktober 2018 yang telah berakhir hari ini", sebut Keuchiek Gampong Teupin Siron itu.


Lanjut Sofyan, "pemateri dan pelatih kami datangkan dari Dinas DPMGPKB Bireuen dan turut dibantu oleh Pendamping Desa, PD dan PLD yang senantiasa tiap hari berhadir mendampingi operator gampong wilayah dampingannya, kami apresiasi atas partisipasi nya. Untuk kebutuhan peserta kami menyediakan, snack, makan siang, tas, ATK dan uang transport serta sertifikat yang telah tuntas diserahkan sore ini" rincinya


Sementara itu, Ketua Asosiasi Keuchiek Gandapura, M.Nasir Adam menambahkan, "semoga setelah pelatihan ini, adik-adik operator gampong terus mengasah ilmu yang telah diperoleh selama pelatihan. Agar terciptanya pelaporan dan penatausahaan keuangan Dana Desa yang transparan dan akuntabel sesuai dengan aturan yang berlaku", imbuhnya.


Keuchiek Gampong Cot Tufah itu juga mengharapkan kepada rekan-rekan Keuchiek se-Kecamatan Gandapura untuk memberdayakan operator gampong, dan meminimalkan menggunakan jasa pihak ketiga dalam pelaporan Dana Desa. Bila ada kendala, teruslah koordinasi dengan para Pendamping Desa yang selalu siap membantu, khususnya implementasi aplikasi Siskeudes dan kegiatan desa lainnya", papar M.Nasir yang didampingi rekannya Keuchiek Mulyadi dan Keuchiek Ramzi.


Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas DPMGPKB Bireuen, Bob Mizwar, S.STP, M.Si berkesempatan memberikan materi pelatihan tentang asal usul lahirnya Aplikasi Siskeudes kepada peserta pelatihan gelombang I dan II, pada 23 dan 24 Oktober 2018 kemarin. 


Selain itu, Camat Gandapura Ibrahim S.Sos sebelumnya turut membuka pelatihan tersebut seraya berharap agar gampong-gampong di wilayah kerjanya semakin tertib dalam hal pelaporan Dana Desa (DD dan ADG) tentunya. [SR]

Bagikan:
KOMENTAR