Gajah Yang Terjebak di Subulussalam Terancam Mati


author photo

12 Okt 2018 - 15.21 WIB


Radaraceh --- Jumat (12/10) Seekor gajah, dari dua ekor yang terjebak di perkebunan kelapa sawit, Kota Subulussalam, Aceh diduga terluka, dibagian kaki depan, sebelah kanan.

Dugaan ini muncul setelah beberapa file video dari beberapa kamera trap, menunjukkan kejanggalan dari prilaku hewan berbelalai panjang tersebut.

Sedikitnya 4 file video menunjukkan gajah kerap menggantung kaki kanannya saat melakukan aktifitas seperti makan dan berjalan, dalam sebuah file video bahkan secara samar-samar terlihat benda seperti gelang tersangkut di kaki depan bagian kanan gajah tersebut.

Baca Juga  Kasat Lantas Polresta Lhokseumawe Diganti
"Kami sudah melaporkan temuan ini ke pihak BKSDA, dan kami mendengar pihak BKSDA akan mengirimkan dokter hewan, untuk memastikan kondisi gajah ini", Kata Ariel, tim monitoring Yayasan Hutan Untuk Anak, YHUA.

Dalam 3 pekan terakhir, tim YHUA dan BKSDA terus melakukan patroli monitoring di desa-desa yang terdampak konflik gajah, jejak terakhir mereka temukan di Desa Subulussalam Timur, yang jaraknya tidak begitu jauh dari pusat Kota Subulussalam, "Situasi gajah kini lebih sulit dari sebelumnya, jika gajah memang benar terluka, maka kami berharap gajah ini bisa segera diobati, lalu di relokasi secepat mungkin", Ungkap Zbynek Harabek, koordinator Green Life dan Blue Life, sebuah program lingkungan dari rakyat Republik Ceko yang ikut serta memprakarsai upaya penyelamatan dua ekor gajah yang terjebak kali ini.(ID)
Bagikan:
KOMENTAR