Dilema Desa Dalam HGU Kab Asing


author photo

2 Okt 2018 - 16.47 WIB


Radaraceh --- Di Kabupaten Aceh Singkil ada beberapa desa yang berada didalam HGU perusahaan perkebunan.

Yakni Desa Blok 18, Desa Blok 31 dan Desa Pangi yang berada dalam areal HGU PT.Socfindo.

Edy Susanto Kepala Desa Pangi di Kec.Sp.Kanan Kab.Asing mengatakan ia selaku Kades memiliki dilema dalam hal melakukan pembangunan di desanya. Dikarenakan mereka 100 KK tinggal dalam perumahan yang disediakan perusahaan perkebunan PT.Socfindo. Wilayah desa merupakan aset PT.Socfindo. Sehingga aset jalan dan jembatan otomatis milik perusahaan. 

Saat ini bangunan Kantor Desa,Gedung Bumdes, Gudang Desa, PAUD yang dibangun menggunakan Dana Desa lahannya pinjam pakai dari PT.Socfindo. Sehingga kami agak bingung dan kesusahan dalam membangun fisik desa.

Edy Susanto sempat berfikir untuk mengalokasikan dana Bumdes ditambah dana pembangunan fisik di Desa untuk pembangunan Bumdes dengan membeli beberapa hektar lahan untuk perumahan warga yang sah milik warga bukan milik perusahaan. Untuk mengantisipasi bila sewaktu- waktu kami berhenti bekerja jadi karyawan perusahaan, otomatis kami keluar dari rumah perusahaan tersebut.

Apa yang bisa kami lakukan selaku pemerintah desa untuk membangun desa?Mohon petunjuk pemerintah daerah,"ujar Edy.

Mohon kepada Pemkab Aceh Singkil untuk memperhatikan hal ini agar penggunaan dana desa di Kab.Aceh Singkil tepat sasaran.(ID)
Bagikan:
KOMENTAR