Demi Peningkatan Ekonomi Masyarakat, Surya Jaya Terus Dampingi KUbe


author photo

23 Okt 2018 - 11.08 WIB


Radaraceh.com, ACEH TAMIANG _ Hasil itu akan terlihat ketika seseorang mau berbuat, Salah atau benar orang tidak akan tau hasilnya sebelum melakukan sesuatu, dan Mencoba sesuatu yang baru itu bukan hal yang aneh, karena manusia yang berfikir maju tidak pernah mengenal usia dalam belajar. 

Bukan hasil yang menjadi ukuran, namun, proseslah yang akan membentuk kita menjadi faham, sehingga kita akan terus selalu memulai hal yang baru dan mencoba melakukan terobosan, dan itu semua menjadikan pelajaran bagi pribadi yang yang tangguh.

Motivasi diatas menunjukkan bahwa Komitmen Surya Jaya (32) tetap memfokuskan dalam peningkatan ekonomi masarakat kebawah (miskin), khususnya di Kecamatan Tamiang Hulu.

Surya Jaya merupakan salah satu petugas pendamping pemberian bantuan sosial bersyarat, atau Program Keluarga Harapan (PKH) untuk wilayah Kecamatan Tamiang Hulu Kabupaten Aceh Tamiang yang saat ini terus berupaya merubah cara berfikir masyarakat agar dapat berprestasi dan lebih produktif, perubahan dari kondisi krisis mental, cara berfikir, agar masyarakat biasa terlepas dari kemiskinan mental.

Setidaknya, selama bergabungnya Pria lulusan Universitas Setia Budi Mandiri Medan jurusan Ekonomi Pendidikan ini sebagai petugas pendamping PKH kurang lebih satu tahun tersebut telah membentuk IX Kelompok Usaha Bersama (KUbe) yang hampir keseluruhanya dikelola oleh para ibu ibu rumah tangga. 

Menurutnya, ia merasa bersyukur dapat menjadi petugas pendamping PKH, sebab ia dapat membantu perekonomian masyarakat melalui program program yang diberikan PKH.

"Dari Sembilan Kelompok Usaha bersama yang telah terbentuk di Kecamatan Tamiang Hulu, Alhamdulilah Enam KUbe yang telah produksi, sementara yang lain sedang dalam proses pembinaan, dan insya Allah dalam waktu dekat ini ketiga KUbe tersebut akan mengikuti jejak KUbe yang telah berjalan tersebut". Ungkap Surya Jaya. 

Desa yang telah terbentuk KUbe sebanyak Delapan Desa dengan nama kelompok usaha mereka sebagai berikut, KUbe Mandiri, Sejahtera, Lestari, Barokah, Kreatif Jaya, Sumber Rejeki, Mekar sari, Berkah Setia, Harum Sari, dan Mekar Jaya. Dari delapan Desa, satu Desa yang mempunyai dua Kelompok Usaha Bersama, Lestari dan Barokah terdapat di Desa Alur Tani Dua. 

Tidak hanya itu, Tim KPM PKH juga akan memprogramkan agar setelah terbentuknya KUbe terus selalu mendampingi dan membantu mereka dalam pemasaran, dengan membuat rumah PKH. "kami akan membuat rumah PKH bagi KUbe yang telah terbentuk, tujuannya tidak lain adalah untuk menampung hasil produksi, dan selain KUbe produksi yang dibentuk, kami akan membuat KUbe usaha dagang, jadi produksi yang telah dihasilkan dapat ditampung oleh KUbe usaha dagang untuk selanjutnya dipasarkan". Kata Surya Jaya. 

Seperti yang kita ketahui, PKH merupakan program penanggulangan kemiskinan. PKH dibawah kordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan. Dan PKH merupakan program lintas kementrian dan Lembaga, karena actor utamanya adalah dari Badan Perencana Pembangunan Nasional, Departemen Sosial, Departemen Kesehatan, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Agama, Departemen Komunikasi dan Informatika, dan Badan Pusat Statistik. Untuk mensukseskan program tersebut, maka dibantu oleh tim tenaga ahli PKH dan Consultan World Bank. 

Sebelum membentuk KUbe, Surya Jaya bersama Tim mencoba membuat tahapan untuk mematangkan KUbe tersebut. Tahap pertama membuat pelatihan peningkatan kapasitas ekonomi keluarga, setelah itu membuat pelatihan ketua kelompok, dari hasil pelatihan tersebut kemudian meteka membuat pertemuan kelompok pendalaman usaha mandiri, setelah itu baru dibuat Kube."targetnya sederha sih, ketika kube berjalan ,kita akan membuat rumah PKH, tujuannya untuk menampung produk yang dihasilkan Kube, untuk usaha dagang, selain kube produksi kita akan membuat kube usaha dagang yang menampung hasil produksi usaha teman teman kube yang lain. 

Dari hasil gagasan dan buah pikiran Tim KPM PKH Kecamatan Tamiang Hulu, Jaya berharap para penerima manfaat tersebut tidak selalu terus bergantung dan hanya berpangku tangan, akan tetapi mereka dapat lebih mandiri sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga. 

Untuk itu jaya juga berharap lebih kepada pemerintah untuk dapat terus memberikan kontribusi dalam mengembangkan pelaku UMKM yang sudah ada. 

Ibu ibu yang tangguh adalah ibu ibu yang tidak cengeng dan gampang mengeluh, tetapi ibu yang dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga. Karena Semangat kaum perempuan memang selalu mampu menjadi tumpuan dan inspirasi dalam berbagai hal yang kerap tidak dimiliki kaum pria. Tandas_nya [] zul
Bagikan:
KOMENTAR