PNL Rintis Kerjasama Dengan PUPR Aceh Utara


author photo

5 Sep 2018 - 17.16 WIB


Lhoksukon – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Aceh Utara menerima kunjungan kerja Manajemen Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) dan Manajemen Jurusan Teknik Sipil PNL, Rabu (05/09/2018).

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas PUPR Aceh Utara ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas PUPR Aceh Utara Bapak Edi Anwar, ST, Sekretaris Dinas PUPR Teuku Anwar, ST beserta para Pejabat Eselon III dan Eselon IV Dinas PUPR. Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari Teuku Anwar selaku Sekretaris PUPR Aceh Utara.

Muhammad Hatta selaku Ka. Humas dan Badan Kerjasama Industri PNL menyatakan maksud dari kunjungan ini adalah sebagai rintisan kerjasama antara PNL dan Dinas PUPR dalam rangka memberi masukan terkait Kurikulum Berbasis Kompetensi mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang telah disusun oleh Tim Kurikulum Jurusan Teknik Sipil PNL. 

Dimana melalui pembentukan kurikulum KKNI ini diharapkan PNL mampu menghasilkan lulusan terbaik dan kompeten pada bidang pendidikan vokasi untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 

Lebih lanjut, Hatta mengatakan bahwa PNL memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang bersertifikat resmi di bawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Melalui LSP ini telah dibuka 7 skema yang dapat dimanfaatkan oleh lulusan PNL agar mendapatkan Sertifikat pendamping ijazah sesuai tuntutan PERMENDIKBUD No. 81 Tahun 2014. "Untuk tahun ini sekitar 615 lulusan PNL yang sudah mendapat sertifikat kompetensi dari LSP PNL yang berlisensi BNSP RI", pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Sipil, Dr. Edi Majuar, ST. M.Eng.Sc mengatakan "Harapan kami supaya kurikulum yang telah disusun oleh Tim Kurikulum Jurusan Teknik Sipil ini akan sesuai dengan kebutuhan stakeholder baik Industri maupun pemerintah, sehingga mahasiswa yang lulus uji kompetensi dapat memenuhi syarat untuk dapat bekerja ditengah kondisi yang serba kompetitif saat ini. 

Selain itu juga disepakati untuk kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) akan dilakukan penyesuaian waktu agar sesuai dengan jadwal pelaksanaan kegiatan di lingkungan Dinas PUPR Aceh Utara. Untuk target selanjutnya, akan diadakan pertemuan lanjutan dan balasan kunjungan kerja dari Dinas PUPR Aceh Utara ke PNL sehingga dapat dibentuk suatu Memorandum of Understanding (MoU).

Kadis PUPR Aceh Utara Edi Anwar, ST sangat mengapresiasi pertemuan ini, "Sudah saatnya kami bersinergi dengan PNL". Karena PNL telah banyak menghasilkan alumni yang siap kerja baik sebagai pengusaha maupun sebagai tenaga profesional. 

"Setahu saya baru kali ini ada datang pihak kampus yang mengajak bekerjasama dengan kami, khususnya untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia serta memberikan masukan terhadap penyempurnaan kurikulum yang akan diterapkan oleh pihak kampus". Kami siap bekerjasama dan saling membantu demi memajukan pendidikan vokasi PNL.(R)
Bagikan:
KOMENTAR