Kades Kuta Batu Angkat Anggota TPK Tak Sesuai Perka LKPP


author photo

9 Sep 2018 - 17.04 WIB


Radaraceh --- Adalah Kepala Desa Kuta Batu Kec.Sp.Kanan Kab.Aceh Singkil mengangkat anggota TPK dari warg Desa Sebatang Kec.Gunung Meriah, Minggu (09/09).

Pembentukan Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Kuta Batu sudah bertentangan dengan Perka LKPP. Menurut Kades Kuta Batu R.I.Gunawan ia mengangkat anggota TPK dari desa lain karena tidak ada warga desanya yang mampu jadi anggota TPK sehingga ia ambil dari desa dan kecamatan yang lain.

Padahal sesuai Perka LKPP Nomor 22 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Nomor 13 Tahun 2013 tentang Pedoman Tata Cara Pengadaan Barang/Jasa di Desa yang berbunyi "Tim Pengelola Kegiatan yang selanjutnya disingkat TPK adalah tim yang ditetapkan oleh Kepala Desa dengan Surat Keputusan, terdiri dari unsur Pemerintah Desa dan unsur lembaga kemasyarakatan desa untuk melaksanakan Pengadaan Barang/Jasa". 

Penetapan orang-orang yang ditunjuk menjadi TPK adalah hak dan kewenangan penuh dari Kepala Desa, tetapi alangkah baiknya sebelum menunjuk orang-orang yang duduk di TPK, Kepala Desa mengadakan pertemuan dengan cara mengundang semua unsur di masyarakat untuk ikut urung rembug dan terlibat dalam pengambilan keputusan serta memberi kesempatan dan peluang kepada masyarakat untuk dapat dipilih menjadi anggota TPK (baik itu unsur perangkat desa ataupun dari unsur masyarakat) dengan kriteria-kriteria khusus sehingga orang-orang yang duduk di TPK memang benar-benar memenuhi kriteria-kriteria yang dimaksud serta mempunyai kualitas dan kapabilitas sehingga dalam pelaksanaan kegiatannya mendapatkan kepercayaan masyarakat desa itu sendiri.

Sudah jelas dikatakan dalam peraturan tersebut anggota TPK adalah dari unsur perangkat desa dan unsur masyarakat desa itu sendiri.

Mohon kepada pihak Pemkab Aceh Singkil agar turun ke desa Kuta Batu Kec.Sp.Kanan untuk meninjau kembali,menegur dan memperbaiki hal ini agar kebenaran dan peraturan dapat dijalankan dengan baik dan benar.(ID)
Bagikan:
KOMENTAR