Guha Desa Terisolir di Kab Asing Sangat Memperhatinkan


author photo

8 Sep 2018 - 17.30 WIB


RadarAceh --- Adalah Desa Guha Kec.Sp.Kanan Kab Aceh Singkil sebuah desa terpencil dan tertinggal yang tidak memiliki akses jalan yang layak membutuhkan perhatian pemerintah setempat.

Markus Manik Kepala Desa Guha mengatakan desanya merupakan desa tertua di Sp.Kanan,sampai saat ini hanya ditinggali 26 KK 145 jiwa.Luas wilayah 3000ha dengan mayoritas penduduk berprofesi petani.

Paulus Tumangger seorang tokoh masyarakat mengatakan mengapa penduduk desa Guha sedikit karena tidak adanya fasilitas pendidikan,kesehatan, kurang layaknya akses jalan ke desa tetangga dan tidak adanya jaringan listrik di desanya.Sehingga warga enggan tinggal di desa tersebut .Saat ini warga memakai listrik tenaga surya,dan sekitar 30 orang anak usia sekolah dasar terpaksa bersekolah berjalan kaki ke desa sebelah yang berjarak lebih kurang 6 km.

Mohon kepada pemerintah Kab.Aceh Singkil agar segera membangun jalan dari dan menuju desa Guha.Yakni dari desa Lae Gambir-Desa Guha-Desa Sibagindar (Kab Pakpak Barat) lebih kurang 7km.Dan juga mendirikan SDN dan Poskesdes sehingga warga desa mendapatkan haknya sebagaimana diamanatkan UUD 45.

Awak media ini merasakan "bagaimana perasaan kita selaku orang tua jika melihat anak-anak kita yang kecil mungil berjalan sejauh 6 km untuk mengenyam pendidikan,sungguh miris rasanya dizaman milenial ini".

Desa Guha memiliki potensi wisata alam sungai Cinendang yang dimalam memancarkan cahaya,beberapa gua batu alam dan air terjun Lae Gambir setinggi 100m dengan dua tingkat.

Jika pihak pemerintah mau memperhatikan desa ini tentu objek wisata didesa ini bisa diangkat dan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

Harapan warga Desa Guha agar segera dapat terbebas dari keterisoliran,mudah mendapatkan pendidikan,kesehatan dan listrik.(ID)
Bagikan:
KOMENTAR