Dunia Baru Untuk Mahasiswa Baru


author photo

5 Sep 2018 - 20.53 WIB


Aceh --- Keramaian kegiatan tahunan di setiap kampus sudah berakhir dibeberapa universitas, setiap tahunnya kegiatan ini dilaksanakan bagaikan budaya yang tidak boleh ditinggalkan oleh mahasiswa semester semester tua yang ada di kampus, walaupun banyak sudah mahasiswa yang meninggalkan bahasa atau budaya daerahnya sendiri, Rabu (05/09).

Bagaikan ucapan selamat datang untuk mahasiswa baru dengan penampilan yang menarik pakaian hitam putih, rambut pendek, dan ada atribut menarik lainnya. Tidak hanya itu, makanannya juga lebih menarik dari kue kue yang disajikan pada acara ulang tahunan. 

Hal ini semata-mata menjadi kesenangan tersendiri bagi mahasiswa semester atas dalam mendidik dengan cara yang berbeda. Suara yang lantang, rambut yang lebih panjang dan pakaian yang di lengkapi almamater membuat mereka lebih terlihat seram itulah mahasiswa tua inginkan.

Bukan hanya satu dua jam saja, kegiatan ini berlangsung beberapa hari dan sering menantang senja, sehingga membuat orasi yang semakin sayu, teriakan "hidup mahasiswa" mulai melemah, tepukan tangan yang mengiringi lagu buruh tani mulai tak berirama. Saya berharap kegiatan ini tidak hanya untuk mencari kegembiraan saja dan mencari pasangan hidup untuk mereka yang telah lama menjomblo. 

berharap kegiatan seperti ini mampu mendidik mahasiswa baru menjadi mahasiswa yang diinginkan oleh mahasiswa sebelumnya, hal itu tidak terlepas dari pondasi yang di berikan kepada mahasiswa baru pada kegiatan pengenalan ini. 

Banyak hal sebenarnya yang mampu meningkatkan jiwa pergerakan kepada mahasiswa baru mengenalkan sejarah mahasiswa, sumpah mahasiswa, pergerakan mahasiswa, tokoh-tokoh yang bertitle aktivis, seperti Soe Hoek Gie, marsinah, Wiji Thukul, Munir dan lain-lain.

Dengan harapan, mahasiswa baru bisa lebih terbuka pikirannya, lebih mengenali peran mahasiswa itu sendiri dan mampu menjalankan tri darma perguruan tinggi, walaupun di era milenial ini wafi dan menghafal kata-kata bijak lebih diutamakan daripada menghafal sumpah mahasiswa.

Selamat datang mahasiswa baru, jalani harimu dengan baik. Karena pada dasarnya Hidup ini tentang berbuat baik dan memiliki manfaat.(Rls)
Bagikan:
KOMENTAR