Desa Tanjung Betik Kab.Asing Susah Air Bersih,Kades Bangun BUMDes Air Minum


author photo

1 Sep 2018 - 15.01 WIB


Radaraceh-Sabtu (01/09) Desa Tanjung Betik Kec.Gunung Meriah Aceh Singkil kesulitan air bersih layak komsumsi.

Kepala Desa Tanjung Betik Amsar mengatakan saat ini desanya memilki 65 KK dan 257 jiwa dengan mayoritas pekerjaan petani sangat membutuhkan air bersih.

Sudah berkali pihak desa coba menghubungi pemerintah setempat agar dibangunkan instalasi PDAM tetapi sampai sekarang belum ada ditanggapi.Sehingga pada tahun ini desa coba buat sendiri instalasi PDAM dengan dana desa,ujar Amsar.

Rencananya desa akan pasang pipa air bersih dari pinggir jalan lintas Subulussalam Singkil sepanjang 750m dengan anggaran 204 juta rupiah pada TA 2018.Instalasi Air Bersih ini akan kita buat sampai siap pakai setiap rumah tangga yang ada.Sehingga setiap warga akan buka kran,air lau memancar kebak mandi mereka masing-masing.

Perencanaan pekerjaan tersebut diambil dari tenaga kerja dari Dinas PUPera Kab.Aceh Singkil.Dan seterusnya pekerjaan ini akan dikelola oleh BUMDes.Setiap warga akan kita kenakan iuran bulanan uang air untuk perawatan instalasi yang akan dikelola BUMDes, ujar kades yang baru setahun ini.

Untuk usaha BUMDes kita akan membeli 11/4 ha lahan kebun sawit dengan dana 200juta.Hasil akan dibagi dengan perincian dikeluarkan biaya dan bea lalu hasil keuntungan akan dikelola BUMDes yang nantinya dana tersebut akan dipergunakan demi kepentingan warga desa.

Kades Amsar memohon agar Pemkab Aceh Singkil bisa segera membangun jalan Aspal Hitam ke desanya.Satu-satunya desa di Aceh Singkil ini yang belum  di Aspal hitam hanya Desa Tanjung Betik,ujarnya.(ID)
Bagikan:
KOMENTAR