Tugas Guru Bukan Hanya Mengajar Tetapi Harus Juga Mampu Dalam Mendidik


author photo

20 Agt 2018 - 20.45 WIB


Robi Sugara, S.Pd

"Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara."(UU No 20 Tahun 2003).

Jika kita berbicara tentang pendidikan maka sudah pasti kita membicarakan peserta didik, dan ketiaka kita berbica perserta didik sudah pasti kita dihadapkan dengan tingkah laku dan moral anak, Pada saat ini  jika kita analisa  di seluruh Sekolah mulai dari Sabang sampai ke Merouke, dari Miangas hingga pulau Rote pasti memiliki siswa siswi yang nakal atau sedikit menyimpang dari siswa-siswa pada umumnya. 

Kenakalan siswa ini pun relatif jenisnya mulai dari kenakalan kecil hingga  jenis kenakalan yang berat. Jika kita teliti lebih mendalam banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kenakalan-kenakalan siswa salah satunya adalah faktor lingkungan serta peran gadget yang mulai bebas mereka gunakan. 

Dalam hal ini peran guru sangatlah di perlukan untuk menentukan moral mereka, guru adalah orang tua kedua bagi peserta didik  guru dapat melakukan pendekatan serta membimbing meraka, guru juga dapat menjadi sahabat bagi mereka sehingga mereka akan merasa nyaman dan gampang untuk menyampaikan masalah-masalh yang di hadapinya. 

Seorang guru bukan hanya bertugas mengajar namun hal yang paling fundamental adalah guru itu bertugas sebagai pendidik. Kedua hal itu harus di seimbangkan antara mengajar dan mendidik.

Para guru pada saat ini masih banyak yang mengesampingkan cara mendidiki moral, mereka hanya mengutamakan mengajar, sehingga tidak heran jika kita lihat banyak guru yang membenci siswa-siswa yang kurang pintar dalam kata lain siswa yang bodoh, padahal jika kita sadari secara betul tidak ada siswa yang bodoh hanya saja tingkat kemalasan siswa yang berbeda-beda, kerajinan siswa dalam belajar dapat kita wujudkan apabila metode yang kita gunakan menarik dan inovasi, juga tidak ada siswa yang nakkal apabila kita lakukan pendekatan yang baik. 

Guru sangatlah memiliki peranan penting dalam merubah moral generasi bangsa, dengan demikian sudah sepatutnya setiap guru harus memiliki kompetensi, Guru harus memahami betul peranya terhadap peserta didik sehingg guru akan mampu mengurangi krisis moral yang terjadi pada saat ini.

"Guru ialah seorang pendidik profesional dengan tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah."  (UU no.14 Tahun 2005)
Bagikan:
KOMENTAR