Seratus Pecatur Aceh Ikut Kejuaraan Piala Senator Fachrul Razi


author photo

30 Agt 2018 - 08.14 WIB


Banda Aceh – Puluhan pecatur dari seluruh Aceh memastikan ikut bertanding pada kejuaraan memperebutkan Piala Senator Fachrul Razi yang dijadwalkan berlangsung 28 Agustus hingga 1 September 2018.
"Peserta yang mendaftar kuta batasi 100 pecatur yang sudah memastikan ikut. Kami membatasi peserta untuk kejuaraan ini hanya 100 peserta," kata Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Percasi Aceh Aldin Nl di Banda Aceh, Senin (30/8/2018).

Kejuaraan terbuka memperebutkan Piala Senator Fachrul Razi terlaksana bekerja sama Pengprov Percasi Aceh dengan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal daerah pemilihan Aceh, Fachrul Razi.
Anggota DPD RI asal Aceh, Fachrul Razi mengatakan, pelaksanaan kejuaraan catur tersebut dimaksudkan untuk memunculkan dan memilih atlet catur berkualitas di Aceh, yang nantinya diharapkan mampu berperan di kancah internasional.

Bersamaan dengan kejuaraan tersebut, Pengprov Percasi Aceh juga menggelar seleksi provinsi Kejuaraan Nasional Catur 2018 yang berlangsung minggu kedua Oktober mendatang. Seleksi diikuti atlet catur dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Setiap kabupaten/kota mengirimkan maksimal dua pecatur putra dan satu pecatur putri. Usia pecatur tidak dibatasi. Sedangkan kejuaraan Piala Senator syaratnya harus berdomisili di Aceh, dibuktikan kartu tanda penduduk atau KTP.

"Kejuaraan Piala Senator dalam seleksi provinsi dipusatkan di Gedung PWI Aceh di Banda Aceh. Bagi pecatur yang lolos seleksi akan diikutsertakan pada kejuaraan nasional catur yang digelar di Banda Aceh, pada Oktober mendatang," kata Aldin Nl.

Sekretaris PWI Aceh itu menambahkan, kejuaraan Piala Senator hanya mempertandingkan kategori catur cepat 25 menit. Sedangkan seleksi provinsi mempertandingkan kategori catur standar 90 menit.

"Para juara satu hingga 10 mendapat medali dan uang pembinaan. Kejuaraan Piala Senator dan seleksi catur tingkat provinsi ini digelar untuk mencari atlet catur potensial serta pembinaan untuk meningkatkan prestasi catur di Provinsi Aceh." 

Senator catur

Dalam kesempatan yang berbeda, Senator atau anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Fachrul Razi menyatakan bahwa dirinya mendukung Pengurus Provinsi Percasi Aceh melahirkan pecatur berprestasi, baik tingkat nasional maupun internasional.

"Kami mendukung penuh Pengurus Provinsi Percasi Aceh melahirkan pecatur atlet catur berprestasi, yang tidak hanya berkiprah di tingkat nasional, tetapi juga internasional," kata Fachrul Razi di Banda Aceh, Kamis 30 Agustus 2018.

Fachrul Razi menyebutkan, dukungan diberikan tidak hanya dalam bentuk kata-kata. Akan tetapi juga diberikan dalam bentuk nyata, seperti mengandeng Pengurus Provinsi Percasi Aceh menggelar kejuaraan catur Piala Senator 2018.

Kejuaraan Piala Senator tersebut, kata dia, sebagai bentuk dukungan melahirkan atlet catur berprestasi yang diharapkan mampu mengharumkan nama Aceh baik di PON 2024 maupun kejuaraan, baik berskala nasional maupun internasional.

"Kami melihat pentingnya kejuaraan ini untuk melahirkan atlet catur berprestasi yang akan dipersiapkan menghadapi berbagai kompetisi, termasuk kejuaraan nasional yang digelar di Aceh, Oktober mendatang," sebut Fachrul Razi.

Anggota DPD RI daerah pemilihan Aceh ini kejuaraan Piala Senator bisa dilaksanakan setiap tahunnya. Selain untuk menjaring bibit atlet catur berprestasi, kejuaraan tersebut juga untuk membuktikan bahwa Aceh siap menyelenggarakan even olahraga, tidak hanya level nasional, tetapi juga bertaraf internasional

Aldin NL yang juga Sekretaris PWI Aceh mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi dukungan yang diberikan Anggota DPD RI Fachrul Razi dalam memajukan olahraga catur di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

"Tentunya dukungan ini kami manfaatkan untuk melahirkan atlet catur Aceh berprestasi. Apalagi target kami di kejuaraan catur nasional di Aceh Oktober nanti meraih minimal satu medali," kata Aldin Nl. (Rls)
Bagikan:
KOMENTAR