Rektor IAIN Langsa:Generasi Penerus Bangsa Agar Senantiasa Mendoakan Pahlawan


author photo

16 Agt 2018 - 13.09 WIB


LANGSA - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. H. Zulkarnaini, MA menyampaikan, ziarah makam dalam islam dianjurkan untuk memberikan pengaruh dan kesadaran kepada manusia.

"Kalau secara umum ziarah itu untuk memberikan pengaruh dan kesadaran ke dalam diri kita bahwa kita sebagai manusia juga pada akhirnya kembali kepada Tuhan," ungkap Rektor usai menghadiri ziarah nasional makam pahlawan di komplek taman makam pahlawan, Paya Bujok Seulemak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh, Kamis (16/8/2018).

ia menambahkan,pada kontek ziarah nasional makam pahlawan ini memiliki makna yang penting dan lebih jauh lagi, ziarah untuk mengenang jasa-jasa perjuangan para pahlawan.

"Tapi dalam konteks ziarah makam pahlawan punya makna yang lebih jauh, yaitu untuk mengenang jasa – jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah memerdekakan negeri ini dari penjajah," katanya.

Dengan demikian, lanjutnya, sebagai generasi penurus ikut merasakan bagian dari anak bangsa yang harus turut berjuang mengisi kemerdekaan ini dengan membangun negeri ini menjadi lebih baik.

Zulkarnaini berharap, generasi penurus bangsa saat ini agar senantiasa mendoakan para syuhada yang telah gugur di medan perang.

"Kita berharap sebagai generasi yang ditinggalkan agar mendoakan mereka (para pahlawan) supaya apa yang mereka lakukan itu (perjuangan) diterima oleh Allah SWT dan agar Allah juga memberikan mereka tempat yang mulia dan menggolongkan mereka sebagai orang – orang yang syahid,"imbuhnya.
 
Acara Ziarah tersebut diawali dan diakhiri dengan penghormatan terakhir kepada para arwah pahlawan, peletakan karangan bunga, pembacaan doa dan penaburan bunga pada pusara yang berada di komplek taman makam pahlawan.(W)
Bagikan:
KOMENTAR