Ir. Rusli; Jika Merasa Tidak Puas, Silahkan Tempuh Ke Jalur Pengadilan


author photo

16 Agu 2018 - 21.54 WIB


Radaraceh.com, ACEH TAMIANG _ Perwakilan PT Seumadam, Ir Rusli memberikan pernyataan terkait tuntutan eks karyawan nya tersebut yang telah di Putuskan Hubungan Kerja (PHK) dari PT Seumadam pada14 Agustus 2018 lalu.

Ir Rusli menyampaikan bahwa pihak PT Seumadam melakukan pemutusan hubungan kerja kepada Asri Mansyur sudah sesuai dengan ketentuan dan undang - undang dan surat tersebut adalah sah dan tidak dapat di rubah lagi/negoisasi. "Jika yang bersangkutan keberatan dan merasa tidak puas, pihak Perusahaan mempersilahkan Asri Mansyur untuk menempuh jalur ke pengadilan, Kami Siap dan kami tidak semena - mena dalam memberikan keputusan karena itu semua sudah sesuai dengan ketentuan". Ungkap Ir Rusli selaku Perwakilan PT Seumadam dalam pertemuan dengan Eks Karyawan di gedung DPRK Aceh Tamiang 

Keputusan yang sudah kami ambil tidak dapat di negoisasikan kembali, kata Rusli lagi, "jika Asri Mansyur merasa benar, silahkan tempuh melalui jalan yang terbaik, dan jika akan melakukan Demo, itu semua di kembalikan kepada Asri".

Pertemuan terkait penyelesaian hubungan ketenagakerjaan tentang pemutusan hubungan kerja antara pihak PT. Seumadam bersama Asri Mansyur, Amd tersebut berlangsung di ruang Badan Musyawarah DPRK Aceh Tamiang, pada rabu 15/08/2018 kemarin. 

Sementara itu, Sekretaris PC FS PPP - SPSI Adri menilai Perusahaan tersebut telah mengambil kebijakan yang salah terhadap pemecatan Asri Mansyur dan tidak sesuai dengan UU nomor 13 tentang buruh dan ketenagakerjaan. 

Hal yang serupa di sampaikan oleh Asri Mansyur Amd, "memang keputusan nya tidak lagi berubah, karena terjadinya PHK atas saya tidak sesuai dengan ketentuan, kami akan tetap melakukan aksi Demo". ucap Asri kesal.

Nirwan selaku pengawas ketenagakerjaan Provinsi Aceh mengatakan, bahwa dirinya berharap agar Bupati Aceh Tamiang dan pihak Owner dapat bertemu menyelesaikan kan Maslah ini, sehingga Asri Mansyur Amd selaku karyawan di PT. Seumadam dapat berkerja kembali, nantinya kami dari pihak Pengawasan provinsi akan melakukan pemeriksaan terhadap PT. Seumadam terkait ketenagakerjaan yang belum dilaksanakan. Terang Nirwan.

"Segala sesuatu untuk serikat pekerja, sesuai dengan pasal 153 bahwa pekerja/buruh, ikut atau tidak ikut setiap buruh yang sedang melakukan pekerjaan tidak di benarkan dilakukan pemutusan kerja oleh Perusahaan". Tambahnya lagi.

Ketua DPRK Aceh Tamiang Fadlon. SH menyimpulkan bahwa, pihak Manajemen PT. Seumadam tetap melakukan PHK kepada Karyawannya atas nama Asri Mansyur, Amd dan Para Karyawan akan melakukan aksinya dengan menggelar Demo mogok kerja. 

Namun, tambahnya lagi, akan dilakukan mediasi kembali setelah pelaksanaan HUT RI KE -73 oleh Bupati dan pihak pihak terkait bersama pihak Owner PT. Seumadam.

Pada mediasi tersebut dihadiri Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Aceh, Chairul Sugara, Semin dan Nirwan, Ketua DPRK Aceh Tamiang, Fadlon,SH, Ketua Komisi D Syaiful Bahri,SH dan tiga anggota Komisi D, Saiful Sofyan, Salbiah dan Irma Suryani, Asisten 1 Setdakab Aceh Tamiang Mix Donal, Perwakilan PT. Seumadam Ir.Rusli, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Aceh Tamiang, Drh Yusbar dan Kabid Hubungan Industrial (HI), Drs Supriyanto serta pihak korban dan Ketua Pengurus PC FSPPP-SPSI, serta beberapa pengurus PUK FSPPP - SPSI Kabupaten Aceh Tamiang. [] zf
Bagikan:
KOMENTAR