Dosen Fkip Umuslim Ditugaskan ke Sekolah Mitra


author photo

15 Agt 2018 - 00.35 WIB


RADAR ACEH | Bireuen- Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, yang merupakan salah satu dari 89 Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) di Indonesia yang memenangkan Hibah dari Direktorat Belmawa Kementerian Ristekdikti, mulai melaksanakan program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) mitra.

Hal itu disampaikan Dekan FKIP Umuslim M Taufiq, MPd, kepada Radar Aceh, Selasa (14/8/2018).

"Tujuan penugasan ini untuk meningkatkan kemitraan dengan beberapa sekolah mitra yang selama ini sudah terjalin dengan baik, juga untuk memberikan pengalaman kepada dosen di LPTK dalam pengaplikasian secara langsung pengelolaan pembelajaran di sekolah, sambil menerapkan beberapa inovasi pembelajaran terbaru di sekolah",  jelas M.Taufiq yang juga Ketua PDS FKIP Umuslim.

Menurutnya, pada program ini nantinya dosen akan berkolaborasi dengan guru di sekolah mitra, dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, melakukan observasi pembelajaran dan merefleksi kegiatan pembelajaran minimal untuk 2 Kompetensi Dasar (KD), program ini bukan untuk mengajari guru, tetapi untuk saling berbagi pengalaman mengelola pembelajaran", sebutnya

Lanjut M. Taufiq, "untuk mendukung program ini, pihaknya pada bulan Juli 2018 telah melaksanakan sosialisasi dan workshop pengembangan perangkat pembelajaran dan instrumen penilaian pada perwakilan UPTD pendidikan kecamatan, kepala sekolah, pengawas sekolah, guru dan dosen yang terlibat dalam PDS 2018.

Dari kegiatan kemitraan ini diharapkan dapat melahirkan suatu perangkat pembelajaran, hasil kolaborasi antara guru dan dosen, terpublikasinya artikel hasil penelitian kolaborasi guru dan dosen, adanya jurnal (best practice) pembelajaran dan video pembelajaran, rincinya.

Hal senada juga disampaikan Kabag Humas Umuslim Zulkifli, M.Kom, dalam press release kepada media ini, katanya, "kegiatan ini merupakan program Hibah dari Direktorat Belmawa Kementerian Ristekdikti, dan Fkip Umuslim merupakan salah satu dari 89 LPTK di Indonesia yang memenangkan hibah ini.

Untuk merealisasikan program ini, Fkip Umuslim telah menugaskan sebelas orang dosen, yang berasal dari program studi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), adapun sekolah mitra yaitu SMA Negeri 1 Peusangan, SMA Negeri 2 Peusangan, SMP Negeri 1 Peusangan dan SD Negeri 3 Percontohan Peusangan", ungkapnya. [Fau]

Editor: SR
Bagikan:
KOMENTAR