Dandim 0109/Singkil Buka Lomba Lukis dan Video Pendek Kolektif Pelajar


author photo

10 Agt 2018 - 19.26 WIB


RadarAceh --- Bertempat di Aula Teuku Umar, Dandim 0109/Singkil secara resmi buka Lomba Lukis dan Video Pendek Kolektif Pelajar, bertemakan "Melalui Kemanunggalan TNI - Rakyat Kita Wujudkan Cegah Tangkal Radikalisme".

Penyelenggaraan Lomba melukis dan video pendek kali ini adalah merupakan program Komsos Kreatif dari Komando atas yang wajib dilaksanakan oleh seluruh jajaran Kodim yang ada diwilayah Korem 012/TU,Jum,at (10/08).

Pada acara pembukaan tersebut turut hadir Kasdim 0109/Singkil Mayor Inf G.Armogan Cibro, Para Perwira Staf, Danramil, Para Guru pendamping perwakilan pelajar dan para Juri yang dilibatkan antara lain dari Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata dan Olahraga serta Persit Cabang XXXI dim 0109/Singkil.

Pada acara pembukaan tersebut, Dandim 0109/Singkil Letkol Inf Syaifudin, S.Ag dalam sambutan dan arahannya menyampaikan, bahwa lomba harus dilakukan dengan cara yang rilex sejak dini. "Setiap mengikuti lomba itu harus fun, agar suasana lomba jadi menyenangkan," ungkapnya. Unsur fun inilah yang berusaha diciptakan melalui Lomba Lukis dan video pendek Kolektif Pelajar kali ini. Selain para peserta bisa bertukar pikiran serta menyalurkan kreatifitasnya dalam bidang tersebut, peserta juga mendapatkan pengalaman kompetitif dan pembelajaran khususnya di bidang seni rupa dan video pendek, dengan suasana belajar yang menyenangkan,tambahnya.

Suasana menyenangkan tampaknya berhasil diciptakan. Terbukti sebanyak 50 Orang peserta terdaftar yang dibagi menjadi 11 kelompok (satu kelompok terdiri dari satu peserta), fokus melukis sambil sesekali bercanda dengan rekan lomba lainnya.Para peserta yang merupakan siswa SMU/Sederajat dari 11 (sebelas) Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Singkil, diharuskan untuk melukis di media kampas putih ukuran bebas sesuai tema "Komsos Kreatif", yang telah ditetapkan dalam waktu 120 menit.

Selama proses melukis, para peserta tidak diperbolehkan didampingi guru pendamping. Para peserta juga tidak diijinkan untuk menggunakan pola gambar yang dibuat sebelum lomba dimulai. Para peserta diajarkan untuk kompak dengan rekan satu tim dan bisa menciptakan karya yang orisinil. Seperti yang dikatakan salah satu juri lomba ini, Ulfian dan Akmal Halim  "Yang penting lukisan tersebut adalah originalitas",tandasnya saat memberikan komentarnya pada kegiatan acara lomba.

Setelah sesi melukis usai, hasil lukisan peserta disatukan dan dikumpulkan guna dilakukan penilaian oleh dewan juri, sehingga setiap perorangan menampilkan satu lukisan utuh yang terdiri dari 7 (tujuh) lukisan. Dari hasil katagori Melukis didapatkan tiga pemenang terbaik antara lain sebagai berikut, Pemenang Terbaik I berhasil disabet oleh Zermai Candra, Pemenang Terbaik II adalah Maharani Arafah, Sedangkan Pemenang Terbaik III diraih oleh Ahmad Rafi. Selanjutnya kategori Video pendek, Juara 1 SMA Muhammadyah, Juara II SMA Simpang Kanan dan Juara III SMA Danau Paris,  Masing-masing pemenang tersebut mendapatkan Piala, Sertifikat/ penghargaan, dan Hadiah Pembinaan.

Pada kesempatan di akhir acara tersebut,Dandim beserta peserta lukis dan Para Perwira juga menyempatkan photo bersama guna lebih terlihat rasa kebersamaan dan kemanunggalan TNI - Rakyat.Acara selesai pada pukul 12.00 wib berjalan sesuai rencana tertib aman dan lancar, (Iswandi Dedy)
Bagikan:
KOMENTAR