Baitul Mal Bireuen Gelar Bimtek Pembentukan Baitul Mal Gampong


author photo

16 Agu 2018 - 22.42 WIB


BIREUEN - Baitul Mal Kabupaten Bireuen menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Baitul Mal Gampong, yang diikuti perangkat gampong, bertempat dioprom kantor Pusat Pemerintahan Bireuen, Kamis (16/8/2018).

Bimtek ini diusung dengan tema "Kuat Karena Zakat" diikuti dari tiga desa, yaitu, Desa pante Gajah Kecamatan Peusangan, Desa Kareung Kecamatan Kuala dan Desa Meunasah Mesjid Kecamatan Simpang Mamplam.

Acara ini ada tiga pemateri yaitu, materi I, peran Baitul Mal dalam pengelolaan ZIS dan harta agama , disampiakan Rizwan Sulaiman, S.Ag (Kabag Pendistribusian dan Pemberdayaan). Materi ke II, Sinergisitas program kerja Baitul Mal Kabupaten dengan Baitul Mal Gampong, dengan pemateri Drs Zulkifli, Ak, MM (Kepala Bagian Pengumpulan) dan materi III, Dinamaika kelompok dan Rencana Tindak Lanjut (RTL), pemateri Anwar Afwadi, ST (Kepala Bagian Sosialisai dan Pembinaan).

Sementara itu Sekretaris Baitul Mal Bireuen, Anwar S.Ag MAP, dalam sambutannya pada pembukaan bimtek tersebut menyebutkan, sudah 2 tahun pihaknya mengupayakan semua kecamatan agar membentuk Baitul Mal Gampong.

"Dalam pelaksanaan sangat lambat, seharusnya tahun 2017 agar dalam implementasi Dana Desa supaya untuk dana operasional Baitul Mal Gampong dianggarakan Rp2 juta per gampong. Dimana secara otomatis ketua Baitul Mal dipegang imum gampong, "ujarnya.

Tidak semua gampong ada alokasinya, tapi kalau terbentuk pada tahun 2018, bisa naik menjadi Rp5 juta, mungkin informasi yang sampai ke gampong belum paham apa itu baitul mal gampong, maka dubentuk program sendiri untuk pilot projek membentuk baitul mal gampong.

"Maka pada tahun ini kita membantu membina tiga gampong sebagai contoh, yaitu Pante Gajah, Kareung, dan Meunasah Mesjid untuk jadi contoh bagi desa lainnya dalam pembentukan Baitul Mal Gampong, "imbuhnya.

Acara bimtek ini berlangsung satu hari, yang diikuti dari perangkat gampong dari tiga Desa yang menjadi pilot projek dalam pembentukan Baitul Mal Gampong. (faZ)
Bagikan:
KOMENTAR