Abdullah Saleh, SH: Bupati dan Walikota Harus Bertanggung Jawab Atas Korban Vaksin MR


author photo

13 Agt 2018 - 19.06 WIB


RADAR ACEH | Banda Aceh- Terkait salah satu siswa Sekolah Dasar Pasie Raya, Kecamatan Kota Sigli, Pidie TM.Helmy Stansyah yang lumpuh pasca penyuntikan imunisasi Meales Rubella (MR), menuai berbagai komentar dan kecaman para netizen.

Bahkan salah satu tokoh Wakil Rakyat yang duduk di DPRA, H.Abdullah Saleh, SH langsung menelpon dan menjumpai media ini, Senin (13/8/2018)

Dalam pertemuan singkat di Ulee Kareng Banda Aceh, beliau malah mengecam petugas medis dan pemerintah setempat terkait musibah yang menimpa salah seorang siswa SD Pasie Raya, Pidie. 

Kecamannya sangat beralasan sebab sudah dihimbau lewat media beberapa minggu lalu bahwa vaksin MR yang telah menuai korban di beberapa daerah lain di luar Aceh, agar dibatalkan saja penyuntikannya terhadap siswa-siswi Aceh.

"Saya sudah peringatkan Dinas Kesehatan Aceh dan Kabupaten Kota agar tidak melaksanakan suntikan vaksin terhadap siswa/siswi di Aceh. Sebab selain label KEHALALANNYA belum keluar dari MUI, juga efek samping dari vaksin tersebut banyak berdampak dimana-mana. Tapi hari ini, telah ada berita bahwa di Pidie telah terjadi korban. Lumpuh pasca disuntik vaksin tersebut.

Dalam hal ini pemerintah Aceh, Dinas Kesehatan Aceh, terutama Bupati Pidie melalui Dinas Kesehatan Pidie harus bertanggung jawab. Bahkan jika korban sampai cedera atau lumpuh total apalagi sampai meninggal dunia, maka pemerintah setempat akan berhadapan dengan hukum." ucap Abdullah Saleh.

Masih menurut anggota DPRA itu, kekesalannya terhadap pemerintah kabupaten/kota yang seakan menyepelekan persoalan vaksin yang efeknya telah meresahkan masyarakat. Padahal ini bukan sekedar menyangkut halal atau haram namun telah mengarah kepada efek samping yang sangat berbahaya.

"Saya tegaskan kembali apabila pemerintah setempat mengabaikan persoalan vaksin Meales Rubella ini, maka akibatnya membuat masyarakat akan hilang kepercayaan kepada rumah sakit." pungkas Abdullah Saleh Ketua Banleg DPRA. [**]
Bagikan:
KOMENTAR