Peringati HKG Ke 46,TP PKK Kota Langsa Gelar Pemeriksaan IVA Test


author photo

8 Jul 2018 - 19.36 WIB


LANGSA - Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke 46, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Langsa menggelar pemeriksaan Inspeksi Visual Asam (IVA), Sabtu (7/7/2018) bertempat di Puskesmas Langsa Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Langsa dr. Herman dalam sambutannya menghimbau agar kaum hawa tidak sungkan untuk memeriksa kanker servik melalui tes IVA.

"Dengan mendeteksi dini melalui tes IVA, maka bagi wanita yang positif terjangkit kanker servik dapat mengambil langkah - langkah tepat untuk menindak lanjuti,"imbuhnya.

Ketua TP PKK Kota Langsa Nurhanifah saat memberikan sambutan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan bakti sosial PKK dalam rangka HKG PKK Ke 46.

Dikatakannya, jumlah peserta yang mengikuti pemeriksaan IVA test berjumlah 200 orang."Peserta terdiri dari kurang lebih 200 orang, yang berasal dari lima Kecamatan dalam wilayah Kota Langsa,"sebutnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Kota Langsa sebagai tuan rumah pelaksanaan HKG PKK ke 46, dengan harapan Kota Langsa akan menjadi lebih baik lagi tidak hanya dari segi keindahan Kota, namun lebih baik lagi dari kualitas masyarakatnya.

Sementara itu, Dr. Dyah Erti Idawati, MT selaku TP PKK Provinsi Aceh mengapresiasi kebersihan Puskesmas Kota Langsa."Saya baru saja tiba di Medan setelah melakukan perjalanan panjang dari Jakarta, dan menginjakkan kaki di Puskesmas Kota Langsa yang disambut dengan suasana begitu bersih ya, begitu siap Puskesmasnya, sangat bagus fasilitasnya lengkap,"ungkapnya.

Istri Wakil Gubernur Aceh ini juga mengatakan penyakit kanker servik ini sangat penting sekali untuk diketahui sedini mungkin, sehingga pengobatan bisa secara efektif 

Dirinya mengatakan, jika setelah pemeriksaan melalui IVA Test ini, ada yang mengalami kanker servik tidak usah khawatir, karena sudah ada obatnya."Kalaupun diketahui (mengidap kanker servik) pada hari ini, jangan takut jangan gundah gulana, ada obatnya,"pungkasnya.

Acara tersebut turut dihadiri oleh DPMG Provinsi Aceh, Kepala Cabang BPJS Langsa, TP PKK Provinsi, TP PKK Langsa, Kepala Dinkes Kota Langsa, serta tamu undangan lainnya.(W)
Bagikan:
KOMENTAR