Antisipasi Keterbatasan Stok Darah, RSUD Aceh Tamiang Galang Donor Darah


author photo

12 Jun 2018 - 00.22 WIB


Radaraceh.com, ACEH TAMIANG _ Mengantisipasi Keterbatasan stok darah pada Unit Transfusi Darah Rumah Sakit Umum Daerah (UTD RSUD) Aceh Tamiang, Direktur RSUD Aceh Tamiang bekerja sama dengan Dandim 0117/Atam dan juga Kompi Khusus 111 Raider melakukan penggalangan donor darah. Senin (11/06).

Tujuan Kegiatan ini adalah mempersiapkan kesetabilan stok darah yang sudah menipis, dan jika kita tidak melakukan antisipasi, sewaktu akan di kejadian yang membutuhkan Transfusi darah ketika masa mudik lebaran tahun ini, maka akan menyebabkan stok darah kita akan kosong. Ungkap Direktur RSUD Aceh Tamiang, Dr Mustaqim Manaf. M. Kes kepada Radaraceh.com di sela sela kegiatan tersebut. 

"Hal ini sudah menjadi kordinasi lintas sektor kita dari RSUD Aceh Tamiang bersama Dandim 0117/Atam untuk menindak lanjuti bisa melakukan percepatan pendonoran darah, makanya kita melakukan pendonoran malam ini langsung di kompi A Khusus 111 Raider. Ungkapnya lagi. 

Mustaqim juga menjelaskan, bahwa malam ini berdasarkan arahan dari Dandim 0117/Atam untuk melakukan langsung pendonoran darah ke batalion Raider 111 KB setelah melakukan kegiatan di Kompi A Khusus, akan tetapi personil dari pihak kesehatan terbatas maka kami putuskan untuk melanjutkan esok hari. 

Saat ini yang sangat minim stok kantong darah adalah untuk golongan darah "O", hanya tinggal 2 kantong, selanjutnya untuk golongan darah yang lain masih mempunyai stok, akan tapi sangat terbatas. Tandas Dr Mustaqim Manaf. M. Kes.

Dari pantau media ini, jumlah kantong darah yang sudah terkumpul berkisar 27 kantong untuk malam ini.[] zf 
Bagikan:
KOMENTAR