Raih Juara I di Bireuen, Gampong Lhok Mambang Sambut Tim Penilai Provinsi dengan Tok Tok Bambu Hijau


author photo

1 Mei 2018 - 22.00 WIB


RADAR ACEH | Bireuen- Tim Evaluasi Perkembangan Gampong/ Lomba Gampong tingkat Provinsi, tadi pagi melakukan kunjungan ke Gampong Lhok Mambang Kecamatan Gandapura, Bireuen, Selasa (1/5/2018).

Dalam kunjungan tersebut, tim penilaian perlombaan perkembangan gampong tingkat provinsi tersebut didampingi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh, Dinas Sosial Aceh, dan dari PKK Provinsi Aceh

Kedatangan Tim penilai perlombaan perkembangan gampong disambut hangat Keuchiek Lhok Mambang bersama Kepala Dinas DPMGPKB Bireuen, Camat serta Muspika Kecamatan Gandapura, Pendamping Lokal Desa (PLD) P3MD Gandapura serta tokoh masyarakat setempat.

Gampong Lhok Mambang merupakan gampong yang memenangi perlombaan perkembangan gampong tingkat Kabupaten Bireuen beberapa waktu lalu dan sesuai dengan Surat Gubernur Aceh nomor 424.2/9288 tanggal 12 Maret 2018 perihal Penyelenggaraan Evaluasi Perkembangan Desa/ Gampong (Lomba Gampong) Tahun 2018 dan hasil Tim Penilai Lomba Gampong Tingkat Provinsi, Gampong Lhok Mambang mewakili Kabupaten Bireuen telah lulus Tahap I Seleksi Administrasi bersama 10 (sepuluh) gampong lainnya di Provinsi Aceh.

Karenanya, Gampong Lhok Mambang dinobatkan sebagai gampong yang paling berkembang di seluruh Kabupaten Bireuen yang mengikuti jejak pendahulunya Gampong Jangka Alue Kecamatan Jangka yang berhasil menjuarai Juara I Provinsi Aceh tahun 2017 lalu.

Keuchiek Gampong Lhok Mambang, Jasaun AR mengaku sangat senang atas kedatangan tim penilai perlombaan ke gampongnya yang berpenduduk 898 jiwa tersebut.

"Alhamdulillah, gampong kita (Lhok Mambang-red) menjadi pemenang pada perlombaan gampong se-Kabupaten Bireuen. Dan saat ini gampong kami sedang dinilai oleh tim penilai perkembangan gampong provinsi. Mudah-mudahan kita kembali menjadi pemenang pada perlombaan gampong se-Aceh," ujarnya kepada Radar Aceh, Selasa (1/5/2018).

Amatan media, Gampong Lhok Mambang  tergolong unik. Dimana dalam penyambutan tamu disuguhkan dengan suara pentungan "Tok tok Bambu Hijau" yang dimainkan oleh 15 pria dewasa dan remaja warga gampong setempat.

"Kita suguhkan kesenian kreasi baru, "Tok tok Bambu Hijau" yang di iringi lantunan syair dan syiar agama serta beirisi kata kata sambutan untuk para tamu, kedepan tradisi ini akan kita lestarikan sebagai inovasi dari Gampong kami", terang Keuchiek Lhok Mambang

Sementara itu, Pendamping Lokal Desa (PLD) Sofyan R, menambahkan, "Kami dari P3MD Gandapura dan atas nama pribadi ikut senang dengan berhasilnya salah satu Gampong Dampingan saya (Lhok Mambang-red) meraih juara 1 gampong terbaik di Kabupaten dan masuk nominasi 10 besar yang lulus Tahap I Seleksi Administrasi Gampong terbaik se-provinsi Aceh. Tentunya nya ini berkat kerja keras perangkat desa dan kami hanya memfasilitasi sesuai Tupoksi kami selaku Pendamping Desa dan tak lepas peran Kasi PMG Kecamatan Gandapura serta binaan dari DPMGKB Kabupaten Bireuen" jelasnya.

Tambah Sofyan, "semoga Gampong Lhok Mambang bisa lolos dari Tahap II Seleksi Klarifikasi Lapangan  yang dinilai tim penilai provinsi hari ini dan bisa masuk 6 besar, kami juga berupaya di tahun 2019 mendatang, gampong lainnya di Gandapura bisa mengikuti jejak Lhok Mambang dan semampu kami akan selalu mendampingi sampai dapat juara", harapnya

Menurut informasi yang diperoleh Radar Aceh, besok (2/5/2018), tim penilaian perlombaan perkembangan gampong juga akan melanjutkan kunjungannya ke gampong Paya Tungel Kecamatan Jagong Jeget Kabupaten Aceh Tengah, yang juga masuk 10 (sepuluh) gampong yang berhak mengikuti Tahap II Seleksi Klarifikasi Lapangan yang dilaksanakan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMP) Aceh mulai 30 April sampai dengan 12 Mei 2018.[Red]

Bagikan:
KOMENTAR