Pemkab Bireuen Salurkan ADG Tahap II 2018, Ini Kata Kadis PMGPKB


author photo

30 Mei 2018 - 22.49 WIB


RADAR ACEH | Bireuen- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen mulai menyalurkan Alokasi Dana Gampong (ADG) Tahap II sejak hari  ini. Sampai akhir jam kerja pada hari ini, sudah 108 gampong yang dokumen administrasinya telah diteruskan ke BPKD. Bahkan untuk 3 (tiga) Kecamatan, yaitu Pandrah, Peusangan Siblah Krueng dan Gandapura seluruh gampong telah mengajukan permohonan ADG tersebut.

Hal itu disampaikan Bupati Bireuen melalui Kepala DPMGPKB Kabupaten Bireuen Bob Mizwar, SSTP, M.Si kepada Radar Aceh via seluler Rabu (30/5/2018) bahwa "dana yang disalurkan tersebut agar segera dapat dimanfaatkan oleh seluruh aparatur gampong yang telah bekerja melayani masyarakat di masing-masing gampong.

Dikatakannya, "adapun dana tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan untuk membiayai kegiatan operasional pemerintahan gampong, dengan berbelanja kebutuhan barang inventaris perkantoran pada penyedia barang dan jasa terdekat yang ada di gampong setempat".

Lanjutnya, "Bupati juga berharap dana tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik terutama untuk pembayaran penghasilan tetap dan tunjangan Keuchiek (Kepala Desa) serta perangkatnya, seperti tunjangan tuha peut, insentif imum gampong, insentif bendahara, operator gampong, pembelanjaaan operasional pemerintahan gampong ,diantaranya ATK, biaya fotocopy, pembelian barang kebutuhan inventaris kantor, pemeliharaan kenderaan dinas dan lainnya yang sudah dituangkan dalam APBG masing-masing gampong", terang Bob Mizwar

Tambahnya, "mengenai mekanisme penarikan di desa, sepenuhnya diserahkan kewenangannya kepada gampong (Desa), tetapi itu diperuntukkan sesuai kebutuhannya, juga termasuk biaya pelatihan peningkatan kapasitas aparatur dan perjalanan dinas dalam Kabupaten dalam Propinsi.

"Kepada Camat juga Pendamping Desa agar dapat proaktif membantu fasilitasi penyiapan Dokumen tersebut sesuai Peraturan Bupati (Perbub). Sehingga sebelum lebaran Idul Fitri seluruh gampong dapat memperoleh ADG" , pungkas Bob. [SR]
Bagikan:
KOMENTAR