Wartawan Online Deklarasi PWO Independen di Bogor


author photo

8 Apr 2018 - 13.46 WIB


RADARACEH.COM | BOGOR, JABAR – Ratusan wartawan media online dari berbagai Provinsi mendeklarasikan Perkumpulan Wartawan Online (PWO) Independen sebagai wadah perkumpulan para wartawan online se-Indonesia. Acara digelar di Hotel Dirga Cibulan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Minggu, 08 April 2018 pagi.

Hadir dalam deklarasi, Ketua Dewan Penasehat IPJI Mayjen TNI (purn) Hendardjie Soepandji, Ketua Umum IPJI Taufiq Rachman, Ketua Umum BPAN Bunda Rika dan para perwakilan wartawan online dari seluruh Indonesia.

Inisiator sekaligus Plt Ketua Umum PWO Independent Dra Marnala Manurung dalam sambutanya mengatakan, tujuan dari deklarasi sebagai wadah berhimpunnya seluruh wartawan online diseluruh pelosok tanah air.

"Mari kita saling bergandengan tangan meningkatkan kemampun, menjalankan kode etik dan berkomitmen tidak membuat berita tidak benar sehingga dapat menimbulkan berita hoax," ujar Marnala.

Menurut Marnala, bahwa saat ini wartawan media online yang menyatakan bergabung sudah 27 Provinsi.

Selain itu kata Marnala, PWO Independen memiliki tekad untuk Mewujudkan kedaulatan Wartawan Online dalam rangka mengembangkan kehidupan Demokrasi, Keadilan, Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Perkumpulan Wartawan Online Independen ini sebagai organisasi wartawan Online yang memiliki tanggung jawab serta profesionalisme yang tinggi taat pada konstitusi dan setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945" Ungkap Ketum PWO Independen.

Sementara itu, Mayjen TNI (purn) Hendardjie Soepandji dalam sambutanya mengatakan, bahwa profesi wartawan adalah profesi yang sangat mulia dan dilindungi Undang-Undang tentang Pers. 

"Saat ini informasi begitu cepat dan mau tidak mau, suka tidak suka penyebaran informasi sudah memasuki era digital native," ungkapnya.

"Saya sangat mengapresiasi kepada pencutus lahirnya PWOI ini. Juga saya sangat bangga terhadap para wartawan dari berbagai Provisi yang telah hadir dalam Deklarasi PWO Independen" ujar Hendardjie.

Melalui deklarasi ini, ada harapan dan tanggung jawab besar bagi wartawan untuk terus meningkatkan kemampuan, menjunjung tinggi kode etik jurnalistik serta berkomitmen terhadap berita yang dibuatnya. 

"Semoga PWO Independent dapat menjadi garda terdepan dalam menyajikan berita dan menginformasikan kepada publik dengan data dan fakta bukan berita dari yang katanya," Ungkap Mayjen TNI (purn) Hendardjie Soepandji. (Romy)
Bagikan:
KOMENTAR