Seberapa Pentingkah Penanaman Karakter Anak Sejak Dini ?


author photo

25 Apr 2018 - 14.34 WIB


Oleh : Farah Salisa, Mahasiswi Psikologi Universitas Syiah Kuala 

Tahukah anda ? karakter pada anak merupakan hal yang penting dalam perkembangan anak. Penanaman pendidikan karakter pada anak sebaiknya dilakukan sejak dini karena akan berpengaruh pada pembentukan karakter pribadinya kelak. Jika kita lihat pada zaman yang sudah sangat modern ini,orang tua sering kali mengabaikan penanaman karakter anak sejak usia dini. Jadi bagaimanakah karakter yang harus ditanamkan orangtua kepada anaknya sejak dini? Yang dimaksud disini yaitu penanaman pendidikan karakter. 

Nah,pendidikan karakter ini meliputi nilai-nilai bagaimana cara anak berinteraksi dengan lingkungan,keluarga,dan juga orang-orang yang ada di sekitarnya termasuk sekolahnya kelak. Sesuai dengan teori belajar yang dikemukakan oleh salah satu tokoh Psikolog yaitu Lev Vygotsky Anak-anak memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan melalui interaksi sehari-hari baik lingkungan sekolah maupun keluarganya. 

Nah, anak anak mendapatkan pengetahuan melaui interaksi di lingkungannya, maka dari itu disini orang tua berperan penting dalam menempatkan anak dimana seharusnya anak berinteraksi apakah lingkungan itu baik untuknya ataupun tidak. Karena pada anak anak sangat mudah untuk terpengaruh dengan apa yang dilihatnya dan sangat mudah untuk meniru. Jika kita terlambat dalam menanamkan karakter pada anak dari usia yang seharusnya, bisa jadi itu akan berdampak pada karakternya di masa depan. 

Misalnya kita menanamkan sejak dini bahwa sikap sopan santun itu dilakukan dimanapun dan kepada siapapun, pada anak usia dini mudah untuk menerima dan ia bisa menerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari sehingga pada saat ia dewasa sudah tertanam dalam dirinya bahwa sikap sopan santun itu merupakan hal yang penting. 

Seperti pada zaman sekarang, zaman modern kini banyak anak yang lalai dengan handphone bahkan media sosial. Sangat berbeda dengan zaman saya dulu belum mengenal teknologi canggih seperti itu. Hanya bermain dan berinteraksi dengan lingkungana sekitar saya. 

Sangat berbeda dengan zaman sekarang dimana mana anak menggunakan handphone dan sangat paham akan media sosial. Itu semua pengaruh dari lingkungan dan tindakan orang tua dalam mendidik anak. Bisa saja dengan melarang atau tidak memberikan handphone pada anak karena belum sesuai dengan usianya. Karena teknologi canggih seperti handphone itu dapat merusak kehidpan sosialnya. Sehingga anak menjadi tidak dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya dan ia tidak bisa memperoleh pengetahuan akan lingkungan sosialnya karena sibuk dengan dunianya sendiri.

Maka dari itu, sebaiknya orangtua lebih peka akan apa yang seharusnya ditanamkan pada anak, sehingga anak memiliki karakter yang baik dan mampu memberi pengaruh yang baik pada lingkungan sekitar. 
Bagikan:
KOMENTAR